Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Kunci Kontak Bermagnet di Mio Sporty, Antara Safety dan Fashion

Editor - Kamis, 5 Juli 2012 | 07:44 WIB
Pasang Kunci Kontak Bermagnet di Mio Sporty, Antara Safety dan Fashion
Yudi
Pasang Kunci Kontak Bermagnet di Mio Sporty, Antara Safety dan Fashion
 
Banyak pacuan alias motor yang sekarang mengaplikasi panel kunci kontak yang dilengkapi penutup lubang kunci. Tapi, tidak sedikit juga yang tidak dilengkapi. Padahal, adanya peranti itu juga bisa membuat pencurian kendaraan sedikit berkurang. So, lebih safety.

Sebab buat pencuri motor alias maling motor, adanya penutup lubang kunci akan memberikan waktu tambahan. Iya, tambahan buat membobol atau menyingkirkan penutup lubang itu. Makanya, rada ogah! He..he..he...
 
Tapi, sekarang kenyataan itu agak berubah. Maksudnya, panel kunci kontak itu bukan hanya buat pengaman. Tapi, sudah mengarah ke fashion. Fashion bagi tampilan motor biar makin mantap dilirik. “Saya pakai karena biar bagian cover tengah juga ada nuansa menarik,” ungkap Abdul Rosyad yang mengaplikasi di Yamaha Nouvo Z miliknya.

Memang! Malah bukan hanya Abdul aja yang pasang, karena banyak juga peserta Skubek Contezt 2012 yang digelar Em-Plus beberapa waktu lalu, pasang panel itu di pacuannya.

Nah, buat sobat yang pacuannya belum dilengkapi, yuk kita pasang. Buat panel sendiri, bisa pakai beberapa part ori milik skubek lain. Misalnya, dari Yamaha Xeon 125, Yamaha Mio Soul atau yang terbaru dari Yamaha Mio J.

"Paling banyak sih pakai punya Xeon. Selain murah, juga sudah dilengkapi tombol penutup,” bilang Rahmat Hidayat dari workshop Sepele Kalee di Jl. Raya Condet, Gg. AMD 20, No. 79, Condet, Jakarta Timur.

Menurut Rahmat, Mio J juga mulai dipasang beberapa konsumennya. Tapi, proses yang dilakukan sedikit lebih sulit ketimbang pasang milik Xeon. “Karena milik Mio J diperuntukan bagi motor injeksi. Sedang Xeon tidak,” ungkap pria yang bisa dihubungi di (021) 969-00623.

Milik Xeon, dijual Rp 190 ribuan dipasaran. Toh, ada beberapa yang perlu dilakukan. Ketika dipasang di Yamaha Nouvo, paling penyesuaian hanya disekitar lubang panel kontak di cover tengah. Sedikit perlu dibesarkan agar kontak bisa masuk leluasa dong.

Itu juga berlaku sama jika dipasang di Mio Sporty. Tapi, buat di Mio Sporty, pemegang panel kontak hanya bisa satu yang tepasang. “Iya, hanya satu yang bagian atas. Karena untuk bagian bawah, jarak lubang di panel dengan dudukan baut di sasis agak jauh,” sebut Rahmat yang juga bisa pasangkan dengan ongkos kerja Rp 35 ribu itu.

Cara pasangnya, mudah kok. Tinggal lepaskan dua baut pemegang panel pakai kunci T 10 mm. Setelah terlepas, tinggal pasang lagi panel pengganti. Juga pakai baut yang sama ya.

“Kalau untuk pasang yang panel Mio J, aslinya tersedia 4 kabel. Tapi, kalau punya Mio J dipasang buat ke Mio Sporty, yang dipakai hanya dua kabel," saran pria ramah ini. Dua kabel yang dipakai, yaitu merah yang dari aki dan coklat yang menuju ke panel. Selebihnya, biarkan saja. Maklum, kan Mio Sporty belum injeksi bray! He..he..he...

Editor : Billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa