Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Adjustable Sok Belakang Matik, Bikin Buritan Fashionable

billy - Minggu, 17 Juni 2012 | 06:35 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

 Undur-undur disertai beberapa pilihan dudukan baut sok
Banyak juga pemilik skubek yang ingin pacuannya tampil lebih gaya. Salah satunya, lewat aplikasi part pemundur sok belakang ini. Bekennya sih, banyak yang sebut undur-undur.

Misalnya, seperti dilakukan Rinaldy. “Lebih fashionable aja kalau pakai undur-undur. Selain itu, jadi terlihat Thai Looks banget deh,” ungkap pria yang memasang part itu di Yamaha Mio Soul miliknya.

Sebenarnya selain buat mendukung tampilan pacuan, ada fungsi lain juga yang ditawarkan part ini. “Adanya pemundur sok ini, sedikit memberikan pilihan ke konsumen untuk memilih sok belakang aftermarket. Jadi, tidak terbatasi ukuran panjang sok,” timpal Cong Muk Phin dari Surya Motor di Petos 6, No. 1, Puri Beta, Cileduk, Tangerang.

Ya, misalnya tadinya pakai sok ukuran 300 mm lalu ingin pakai 320 mm karena model sok yang bagus. Lewat pemundur sok, ini tentunya problem bisa diatasi. “Tinggal pilih aja mau taruh dimana posisi baut pegangan sok bawah,” tambah Rinaldy yang juga pemilik workshop Shandy Racing di Jl. Ancol Selatan No. 19, Jakarta Utara.

Tetapi ada yang perlu diperhatikan. Terutama jika pilih dudukan setelan yang paling bawah. Yaitu, perhatikan posisi ban dengan sepatbor bagian dalam. Artinya, jangan sampai mentok.

Buat aplikasi undur-undur ini, tersedia beragam pilihan. Mulai dari versi murah yang dijual seharga puluhan ribu hingga ratusan ribu. Misalnya merek Monster yang punya empat setelan dudukan sok bawah, dijual Rp 65 ribuan.

Tapi, untuk yang bahan aluminium dan proses CNC tergolong rapi, dijual sekitar Rp 230 ribuan. Misalnya, merek Nui Racing Project atau Enzo Racing. “Part ini dari Thailand dan ada 9 atau 10 setelan baut,” sebut Cong Muk Phin atau akrab disapa Koh Aphin.

Cara pasangnya mudah! Ambil contoh, pasang part ini di Honda Scoopy ya. Pertama yang dilakukan, buka baut sok bagian bawah pakai kunci ring atau kunci sok 12.

Setelah itu pasang undur-undur di posisi dudukan sok bawah yang ada di crankcase CVT. Manfaatkan baut sok orisinal bawaan pabrik, kencangkan part ini juga pakai kunci 12 mm. Sobat butuh satu baut lagi dengan ukuran 12. Baut ini buat pegang sok dengan braket undur-undur. "Biar lebih bagus dan keren, baiknya pakai baut L 8 aja," saran Rinaldy alias Shandy.


 Tampilan modis juga terkesan Thai Looks(kiri). Tinggal pasang aja sok bagian bawah(kanan)
Setelah itu, pasang sok belakang di undur-undur deh. Posisi tergantung keinginan ya! Mudahkan?

Penurun Sok Satu Lobang
Selain meninggikan sokbreker, pecinta skubek juga banyak yang kepingin rebah. Artinya, posisi sokbreker belakang dibikin lebih rendah. Sehingga ground clearence sedikit turun.

Alatany biasa disebut undur-undur. Membuat sokbreker belakang jadi landai. Efek terhadap redaman jadi empuk. Meski lebih mengayun namun jadi lembut.

Awalnya banyak yang pakai di motor drag. Namun belakang banyak yang pakai di motor harian. Berguna bagi cewek dan masih jinjit. Juga kebanyakan perempuan lebih senang sok yang lembut. (motorplus-online.com)  

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa