Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ganti Aki, Toleransi Perbedaan Ampere 10-15 Persen

billy - Jumat, 30 Maret 2012 | 06:02 WIB
No caption
No credit
No caption

Angka ampere tertera di bodi aki
Seiring teknologi, aki tipe kering alias maintenance free lebih banyak diaplikasi. Bisa saja karena konsumen tak lagi direpotkan perawatan. Misal, tambah air aki alias accu seperti yang dilakukan di aki basah.

Tapi, ketika melakukan proses penggantian, ada beberapa hal yang musti diperhatikan. “Yang paling utama soal ampere aki itu sendiri. Baiknya disesuaikan dengan aki yang lama,” saran Kardi dari Kardi Mulia Motor di Kp. Utan, Ciputat, Tangerang.

Misalnya jika sebelumnya pakai aki kapasitas 5 ampere, maka aki pengganti juga 5 ampere. “Jika memang ingin pakai ampere lebih tinggi, sebaiknya tak lebih dari 10 – 15% dari aki lama,” wanti Sarwono Edhi, Technical Training Development PT Astra Honda Motor (AHM).

Jika sebelumnya pakai yang 5 ampere, maka aki pengganti maksimal yang 7 ampere. Ini terkait pengisian balik aki nantinya. Logikanya, kondisi sepul yang standar dalam waktu satu jam hanya cukup isi 5 ampere. Maka ketika diganti terlalu besar, butuh waktu lebih lama untuk membalikan arus yang terpakai sebelumnya hingga aki penuh.

Sedikit saran. Ketika melepas kabel aki dari terminal, baiknya dimulai dari kabel negatif. Sebab jika kabel positif bersentuhan rangka ketika kabel negatif masih terpasang, bisa menyebabkan hubungan singkat dan merusak sel-sel yang ada di aki.

Proses pasang, kebalikan dari membuka ya. Ya, kabel positif lebih dulu ketimbang negatif. Siap! (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa