Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Dumper Kopling Suzuki Thunder 250 Bunyi Tek..Tek..

billy - Jumat, 16 Maret 2012 | 14:31 WIB
No caption
No credit
No caption


Karet dumper kopling Suzuki A100 (kiri) - Buat pemasangan, rumah kopling harus dilepas dari gigi sekunder (kanan)

Penyakit motor lawas yang sudah berumur seperti Suzuki Thunder 250, biasanya di seputar kopling. “Seperti terdengar suara kasar tek..tek..tek... pada mesin kanan. Tapi, kalau tuas kopling ditarik, bunyinya hilang,” ujar Welly, pemilik bengkel Karisma Motor di Jl. Cinere Raya No. 17 C, Depok.

Penyebab suara itu lantaran karet dumper pada bagian dalam rumah kopling sudah mengeras. Atau bisa juga sudah tergerus dan akibatnya tidak mampu lagi meredam entakan. Untuk memperbaikinya, sobat harus ganti satu set rumah kopling dengan part baru yang dijual satu set berikut dumpernya. Sebab bila ganti di dealer enggak bisa diketeng atau dipisah.

Namun Welly punya alternatif yang enggak makan banyak biaya. “Bisa kok diganti karetnya saja. Caranya mengaplikasi dumper karet kopling lokal yang sudah banyak dijual. Atau subtitusi dengan karet dumper rumah kopling bawaan Suzuki A100 (2 set),” lanjut Welly yang patok harga pasang karet dumper rumah kopling ini seharga Rp 110 ribuan berikut pemasangan.

Caranya enggak terlalu rumit, tapi memang harus dikerjakan bengkel, lantaran harus melepas komponen di area rumah kopling. Setelah itu rumah kopling harus diurai dengan melepas 8 paku keling yang menyatukan rumah kopling dengan gigi sekunder.

Setelah kedua part ini terurai, barulah buka karet dumper lama. Jangan lupa bersihkan rumah kopling dari oli dan kotoran. Setelah itu karet dumper baru dipasang sesuai posisinya. “Kalau terpasang langsung dikunci paku keling baru yang sudah tersedia bila membeli karet dumper baru,” lanjut Welly yang bisa ditanya lebih jelas di nomor (021) 93132641.

Setelah pasang damper baru, disarankan menggati oli yang cocok. Menurut pengalaman Welly, oli merek tertentu yang enggak cocok bisa dengan cepat  merusak karet damper yang memang bukan part orisinil Thunder 250.

“Biasanya kami menggunakan oli Shell AX7, Elf, Motul dan Castrol dengan kekentalan 15-50, 10-40 sampai 10-60,” tutup Welly yang menambahkan umur damper Suzuki A100 bisa mencapai 4-5 tahun untuk pemakaian normal. (motorplus-online.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa