Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rawat Laher Komstir Kawasaki KLX 150S, Cegah Air Masuk!

billy - Sabtu, 14 Januari 2012 | 11:01 WIB
No caption
No credit
No caption


Pelumasan ulang ditambah sil RM85, makin mantap!
Air, musuh bagi part yang friksi. Karena permukaan yang saling bergesekan akan berpontensi timbul karat ketika berbaur air dan udara. Apalagi, jika air itu membawa kotoran. Kondisi seperti ini, bisa saja hinggap di laher komstir Kawasaki KLX 150S.

“Setidaknya setahun sekali harus lakukan pelumasan ulang. Apalagi kalau motor sering dipakai main off-road,” ungkap Sugiyono dari Rockwell Workshop di Jl. Sumur Batu Raya, Blok. A3, No. 2, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Tentunya ogah dong keluar uang Rp 100 ribu untuk tebus laher komstir KLX 150S baru. Maka itu, lumasi ulang pakai grease di bagian bola-bola bearing itu.

Yang musti dilakukan pertama kali usai buka ban depan, dilanjutkan melepas empat baut raiser pemegang setang pakai kunci 10. Setelah itu, lanjutkan lagi membuka mur segitiga atas pakai kunci sok ukuran 30.

Untuk mecabut segitiga dari sokbreker, kendurkan dulu baut pengencang yang ada disisi samping kiri-kanan segitiga. Jika sudah, tinggal tarik ke bawah seluruh bagian sok depan.

Ketika as komstir turun, akan terlihat laher komstir bagian bawah. Silakan lumasi ball bearing ini lebih dulu. Sebab usai laher bagian bawah ini dilumasi, sok dan as komstir bisa dikembalikan ke posisi semula.

Kini, giliran ball bearing bagian atas. Buat pelumasan, sebenarnya cukup gunakan grease tipe normal. Ya, enggak usah yang high-temp. Karena laher ini tak bekerja hingga suhu tinggi.

"Ada tips buat mencegah air berlebih masuk ke laher. Yaitu, pakai sil komstir milik Suzuki RM85,” tambah pria yang bisa diajak konsultasi di 0812-820-66261. Sebenarnya, KLX 150S pun sudah aplikasi sil komstir. Tapi, menurut Sugiyono, penambahan sil RM85 bikin laher makin aman dari air dan kotoran.

Buat aplikasi sil RM ini, dua cara bisa ditempuh. Yaitu, bisa tetap dipadukan sil orisinal dan tidak. “Kalau mau tetap pakai sil KLX, diatasnya harus diganjal ring tebal 3 mm,” tambah pria yang workshopnya dipenuhi pembesut motor dual purpose alias KLX 150 ini.

Ring itu bisa dibuat dari pelat besi tebal 3 mm dengan diameter dalam 26 mm dan diameter luar 32 mm. Kudu diganjal, karena sil dan permukaan bearing lebih tinggi. Kalau langsung didobel, sil RM bisa rusak. “Kalau sil KLX itu tak dipakai, ya tinggal pasang aja sil RM,” tutup Mas No’ sapaan akrabnya.    (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa