Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Panel Kontak Honda CBR 250R Bikin Ulah? Cermati Dioda Zener!

billy - Kamis, 3 November 2011 | 06:04 WIB
No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption

Kelistrikan oke, mesin tak kunjung hidup
Haris Hermawan bingung ketika Honda CBR 250R miliknya bikin ulah. Ketika kunci kontak diputar ke posisi ON dan tekan tombol elektrik starter, mesin tidak mau kunjung hidup juga. Akhirnya pria bermukim di Kalideres, Jakarta Barat itu membawa motor yang lagi bikin ulah itu ke Anjany Racing (AR).

Giliran workshop di Jl. Arteri Kelapa Dua No. 21, Kebon Jeruk, Jakbar itu pusing. “Awalnya, cek ECU hingga koil. Karena semua kelistrikan seperti lampu, hidup normal dan tidak bikin ulah,” bingung Angga Kurniawan selaku owner AR.

Karena bukan itu masalahnya, pengecekan merembet ke kabel bodi. Hingga akhirnya terus merambah ke semua part kelistrikan dan pengapian. “Sekitar satu minggu lebih untuk cari penyebabnya,” tambah Angga.

No caption
No credit
No caption

 Solder kembali agar kuat
Langkah terakhir, Jury, sang mekanik AJ, memutuskan untuk coba subsitusi panel kontak. “Ketika diganti, motor mau hidup. Setelah diteliti lagi, yang bikin ulah adalah dioda zener yang ada di dalam panel kontak putus,” mantap Jury.

Dioda zener berperan layaknya sekering. “Berfungsi memproteksi ECM (ECU; red) jika ada kesalahan pemasangan kabel. Atau, ketika motor mau dicuri dengan cara merusak kunci kontak, motor tidak mau distarter,” ungkap Sarwono Edhi, Technical Training Development PT Astra Honda Motor (AHM).


 Di toko elektronik, dioda zener 3,9V dijual Rp 2.000
Ketika dioda zener bikin ulah seperti putus, masih bisa diganti. Ukuran harus sama. Yaitu, 3,9V. “Pernah coba pakai ukuran di atas itu, tapi nggak mau hidup. Gantinya, tinggal buka cover penutup kontak di belakang panel. Potong dioda zener lama, lalu solder yang baru," tegas Jury.

Githu toh! (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa