Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Elektrik Starter Tak Bergeming? Cek Kabel Massa Kontak!

billy - Minggu, 30 Oktober 2011 | 15:29 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Bersihkan soket kabel massa ke kontak
Jika sobat mengalami gejala sulit hidupkan engine lewat elektrik starter, sebaiknya silakan cek kabel massa yang menuju kunci kontak. Bisa saja, gangguan yang dialami itu diakibatkan kurang bahkan hilangnya arus negatif atau massa yang menuju swicth kontak. Meski, kondisi aki dalam keadaan fit.

“Dengan hilangnya massa, ketika kita tekan tombol starter tidak terjadi reaksi apa-apa,” ungkap Christanto Aribowo selaku ‘komandan’ dari komunitas Nouvo Owners Society (NOS).

Bergemingnya alias diamnya kinerja engine, disebabkan arus yang menuju kontak terputus. Bahkan jika sama sekali hilang, tidak hanya lampu di motor saja yang enggak aktif. Tapi, seluruh kelistrikan di motor juga ikut mati. Karena panel kunci kontak menjadi pusatnya tuh.

Tak ada salahnya buat jaga kondisi kabel massa. Ambil contoh di Yamaha Nouvo-Z. Kabel massa dari aki menuju panel kontak dihubungkan soket. “Soket ini juga kerap dihinggapi debu atau kotoran. Bahkan, juga korosi,” bilang pria akrab disapa Chris itu.


Cek sekring di bendik stater juga
So, baiknya cek kondisi soket. Pertama dilakukan, buka cover samping-tengah. Ya, yang bagian penutup aki juga filter udara. Cukup buka yang sisi kanan aja. Tidak perlu buka cover kiri. Itu karena letak soket ada di sisi kanan dekat aki.

Jika sudah, cabut koneksi soket. Periksa apakah tembaga penghubung antara kedua soket dihinggapi korosi. Ya, semacam debu berwarna. Jika terbukti kotor, baiknya segera bersihkan.

"Cara membersihkannya bisa pakai ampelas kasar atau semprotkan penetran. Tinggal pilih mudahnya saja,” sahut Chris yang punya tempat kongkow Garasi Nouvo Owners Society di Jl. H Ramli No. 5, Tebet, Jakarta Selatan. Setelah itu, jangan lupa untuk buang sisa debu. Itu, agar sisa kotoran tidak lagi menumpuk.

Oh ya! Karena sobat masih berkutat di bagian itu, baiknya sekalian cek kondisi sekering. Gejala telat arus terhantar atau hilangnya arus massa, juga bisa disebabkan sekering yang putus.

“Sekring di Nouvo, menjadi satu tempat dengan bendik starter,” timpal pria yang juga hobi bersepeda Down Hill (DH) itu.

Ada dua sekring yang terdapat di bendik. Tapi, yang berfungsi hanya yang sisi kanan. Sedang bagian yang kiri merupakan sekring cadangan jika sekring utama itu putus. Pastikan! deh! (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa