Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Injeksi Di Matik Dan Bebek Komplet Sistem Bolt-On

billy - Kamis, 27 Oktober 2011 | 12:59 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Ini paket lengkap, magnet pake aslinya
Pasang sistem injeksi di skubek atau motor biasa yang awalnya menggunakan karburator, kini bukanlah hal sulit dan mimpi. Buktinya proyek dari bengkel Ultraspeed Racing (UR) sudah bisa mengaspal dengan lancar. Sistem ini dipasang di Yamaha Nouvo. Namun bisa dipasang di semua motor kecil. 

Menurut Freddy A. Gautama selaku pimpinan UR, paket ini komplet langsung dari Amerika. Dibilang lengkap karena jika ingin pasang bisa langsung instal. Tidak ada rombakan drastis pada motornya.

"Bisa dibilang ini seperti barang bolt -on, tapi untuk memasang dan menyetingnya butuh teknisi dan sebaiknya dilakukan di atas mesin dynotest," kata Freddy tentang produk keluaran Ecotrons ini.

Paket ini terdiri dari ECU, throttle body, fuel pressure regulator, map sensor, sensor O2, sensor engine temperatur, sensor intake, injector, pompa bensin serta kabel lengkap.

No caption
No credit
No caption

Sensor 02 tanam di leher knalpot
"Paket ini juga memiliki tombol atau switch yang bisa mengubah suplai bensin, mau rich (kaya bensin) atau lean (miskin bensin) bisa sambil jalan," tambah Freddy.

Untuk pasang paket ini sebenarnya direkemendasikan bore up dulu. Minimal 150cc dan maksimal 250cc. "Berdasarkan spek throttle body yang 28mm. Jika kurang dari 150cc, akan ngempos," tambah pria yang buka bengkel di Jl. H. Mencong, No. 42, Ciledug, Tangerang ini.

Setelah dibore up, karbu standar dicopot. Untuk magnet juga masih bisa menggunakan aslinya. Pompa bensin dipasang di luar tangki yang sedikit dimodifikasi.

Langkah berikut throttle body dipasang begitu juga dengan banyak sensor tadi. Map sensor dipasang ke intake dengan slang untuk membaca banyaknya udara masuk. Sensor temperatur mesin dipasang dengan cara ditempel atau dibaut ke blok mesin.

Sedang sensor O2 dipasang di leher knalpot dengan cara melubanginya. Sementara itu sensor intake dipasang di karet intake dan berfungsi untuk membaca suhu udara yang masuk.

Semua sensor tadi disambungkan dengan kabel yang sudah lengkap ke ECU. "Setelah itu kita colok ke laptop untuk nyetingnya. Jika sudah dapat, maka tenaga akan selalu terasa di setiap rpmnya," tegasFreddy.  

Jalur Bensin
Perlu dilakukan modif pada  tangki bensin motor karburator yang diubah ke sistem injeksi. Tangki perlu dilubangi untuk memasang slang balik bensin yang sudah dikeluarkan tangki namun tidak dipakai seluruhnya untuk penyemprotan.

Ini dari pengalaman Freddy A. Gautama dari Ultraspeed Racing (UR) yang mengubah Nouvo jadi injeksi. Untuk versi modifikasi ini memang posisi fuel pump tidak di dalam tangki seperti layaknya bawaan pabrik.

Posisi fuel pump tadi di luar tangki. Jadi, alur bensin adalah dari tangki menuju fuel pump. Setelah itu sebagian disemprotkan injektor. Sedang sisanya akan dibuat balik lagi ke dalam tangki. Jalur balik ini yang harus dibuat dengan cara melubangi tangki untuk slang bensin. 

Oh ya, dengan menjadi injeksi ini tidak ada lagi masalah susah menghidupkan motor di pagi hari. Begitu kontak diputar ke posisi ON, tunggu sekitar 5 detik. Hal itu karena pompa bensin bekerja. Biasanya mengeluarkan suara. Jika suara sudah hilang, mesin siap untuk distarter. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa