Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Roller Kopling Stater, Special Buat Mesin Bore-up!

billy - Rabu, 2 Februari 2011 | 09:03 WIB
No caption
No credit
No caption


Motor lain juga tersedia
Libur Lebaran bukan berarti haram ngomongin bore up. Lanjut! Mio bore up hingga 200cc ke atas, biasanya diikuti ganti dinamo starter racing. Harapannya kruk as mudah berputar agar mesin mau hidup. Namun kendala sering dihadapi, roller one way starter cepat aus. Pasalnya putaran motor starter jadi lebih kuat.

“Karena enggak sebanding dengan kemampuannya sekarang, material roller standar justru jadi gampang terkikis. Makanya Mio jadi susah hidup karena kruk as enggak mau diputar alias selip. Kecuali diganti baru,” ujar Candra Sopandi, pemilik bengkel bubut Master Tjendana.

Dalam kondisi seperti itu, pastinya pemilik motor bakal lebih sering beli dan ganti roller kopling starter baru. Untuk harga jual di pasaran, part orisinal itu dilego kurang lebih Rp 300 ribuan per set terdiri dari 4 buah.

Wah…, kalau bakal sering ganti bisa repot urusannya. Isi kantong bisa kempes. Untung Candra punya trik obati roller kopling standar gampang aus, dengan melansir roller variasi yang kualitasnya yahud. Jadi, pemilik Mio bore up enggak perlu lagi repot bongkar-pasang.

“Materialnya pakai HSS Cobal dengan tingkat kekerasan setara pisau bubut. Jadi dijamin kuat dan tahan gesek meskipun putaran motor starter lebih cepat juga kuat. Pokoknya bisa tahan lama dan nggak mudah terkikis,” lanjut pemilik bengkel di Jl. Pagarsih No. 146, Bandung.

Lanjut Candra, roller ini diklaim kuat. Karena untuk memotongnya saja setiap bagian menggunakan sinar laser. Saking kerasnya, warna yang dihasilkan dari potongan pun beda dari biasa.

Bagi yang mau menghilangkan problem roller kerap aus ini, Chandra mau menjualnya Rp 300 ribu per set yang terdiri dari 4 roller. Sedang cara pasangnya tidak jauh beda dengan part aslinya.

Gampang, toh! (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa