Perhatikan Pola Perpindahan Gigi Persneling, Hindari Gigi Rasio Rusak

billy - Minggu, 17 Juli 2011 | 11:18 WIB
No caption
No credit
No caption

 
 

Saat ini tunggangan di jalan banyak macamnya. Begitu juga dengan perbedaan sistim pemindah daya alias persneling yang dipakai. Ada model tipe otomatis, semi otomatis hingga manual. Makanya diperlukan pemahaman sebelum pengendara menggunakan tipe motor yang akan dioperasionalkan.

Bagian paling penting dan perlu dipahami pengendara adalah saat menunggangi motor tipe semi otomatis dan manual, terutama cara pengoperasian gigi persneling. Ada N-1-2-3-4 yang umumnya digunakan motor semi otomatis seperti digunakan bebek dan ada 1-N-2-3-4-5 yang umum pada motor sport.

Masalahnya, kini ada beberapa motor sport yang polanya seperti bebek atau sebaliknya, motor bebek dengan pola layaknya sport. Contohnya pada bebek Suzuki Satria FU150 dan New Jupiter MX 5 speed, pola transmisinya sama seperti motor sport.

Dengan memahami pola tersebut diharapkan tidak terjadi miss atau salah pindah gigi yang bisa penyebab mesin motor cepat rusak. Bahkan bila terjadi saat putaran mesin tinggi, gigi rasio dapat patah!

Biar nggak miss, yang dilakukan pertama yaitu lihat gambar panduan pengoperasin gigi persneling yang biasa tertera di cover bodi atau rangka. Kalau enggak ada, bisa lakukan pengetesan dengan cara menghidupkan motor sambil dibantu kopling. Bisa dilakukan sendiri dan enggak sulit kok!  (motorplus-online.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa