Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Subtitusi Keran Bensin Sport Di Tentukan Dudukan!

billy - Jumat, 8 Juli 2011 | 06:58 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

 Tiap merek beda tipe
Keran bensin motor sport, mengaplikasi model manual. Tapi, tidak semua tipe motor bisa saling substitusi! Beberapa faktor memungkinkan tukar-pakai. Salah satunya, dudukan pemegang keran ke tangki.

Antar pabrikan motor, punya tipe berbeda. “Terutama Yamaha dengan Honda. Honda, umumnya pakai dudukan model derat dari satu baut,” ujar Kardi, pemilik Kardi Mulia Motor (KMM) di Jl. WR Supratman, Kp. Utan, Ciputat, Tangerang.

Sedang di Yamaha, part penyalur bensin dari tangki itu ditopang dua baut 10 mm. Tak sedikit dari varian pabrikan Garputala adopsi model ini. “Memang. Matiknya juga pakai dua dudukan baut. Tapi, bedanya tipe keran vakum,” aku pria pernah jabat chief mekanik delaer Yamaha di Pondok Pinang, Jakarta Selatan ini.

Maka itu, buat saling substitusi, Yamaha dan Honda tidak bisa. Kecuali mau ubah tipe dudukan. Tapi, di Honda, tukar-pakai antar varian masih bisa.

Misalnya kepunyaan Tiger. Keran ini, bisa diaplikasi buat di varian GL-Pro, GL-Max bahkan Mega Pro. “Keran Tiger bisa juga dipakai GL100 atau CB100. Tapi, butuh penyesuaian,” ulas Kerry Setiawan dari Jakarta Motor Organization (JMO) di Pd. Ranji, Ciputat, Tangerang.

Penyesuaian di saringan bensin. Ketika dipakai di CB100, filter bensin yang di keran bisa dilepas atau dipotong. Jika tidak, mentok tangki. Tapi, soal harga juga beda! Keran Tiger dijual Rp 65 ribuan. Milik GL atau CB cuma Rp 33.500.

Milik Tiger bisa lebih mahal karena tersedia botol atau cairan penampung di bawah keran. Melalui botol ini, sobat bisa melihat kondisi kebersihan bensin.

Beralih ke Yamaha. Substitusi dari keran Yamaha RX-King, bisa lebih dilakukan untuk hampir semua varian. Karena dudukannya sama seperti varian lain. Misal di Scorpio.


 Beda dudukan pemegang keran
Tapi, agar lebih bagus lagi, baiknya aplikasi tipe New RX-King ya. Selain Scorpio, part ini juga bisa dipakai buat di Yamaha RX-Z dan RX-S.

Mantapnya, keran RX-King juga lebih aplikatif untuk motor merek lain. Misal, Kawasaki Ninja 150 dan Suzuki Thunder 125. “Tinggal pasang. Model tidak jauh beda dan dudukan sama. Tidak perlu penyesuaian,” ungkap Sugeng dari Cineng Motor di Ciledug, Tangerang.

Keran RX-King juga dijual lebih murah ketimbang Thunder dan Ninja 150. “Price-list hanya Rp 62 ribu. Thunder 125, Rp 65.200. Sedang Ninja Rp 207 ribu,” tambah Sugeng yang ramah.  (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa