Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Baut Cam Sprocket KLX 150, Terbalik Agar Kuat

billy - Kamis, 2 Juni 2011 | 06:17 WIB
No caption
No credit
No caption

 
 Putar ke kanan biar tidak rusak seperti ini
Ada hal yang berbeda dan unik ketika membongkar mesin Kawasaki KLX 150S dan D Tracker 150.  Bagi mekanik yang enggak paham bisa menimbulkan kerusakan. Sebab kedua motor ini sudah menggunakan model atau jenis baut yang di luar kebiasaan.

Jika biasanya untuk membuka baut cam sprocket di motor lain dengan cara memutar ke kiri, maka yang ini kebalikannya. Artinya untuk membukanya, kunci harus diputar ke kanan.

Hal ini yang kadang atau bahkan beberapa kali menjadi masalah bagi mekanik yang bukan berasal  bengkel resmi. Malahan menurut seorang staff dari bengkel resmi Kawasaki di Serpong, permintaan atau penjualan baut ini cukup tinggi. Pasti karena sering atau banyak rusak saat membukanya karena memang kurang paham tadi.

Saat hal ini dikonfirmasikan ke pihak Kawasaki, didapat keterangan pasti kenapa baut dengan sistem terbalik ini digunakan. "Hal itu karena jumlah baut pemegang cam sprocket itu hanya satu dan posisinya ada di tengah," sebut Reiner Sitorus, Technical Service Manager PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI).

Menurut Reiner lagi, karena hanya satu tadi, didesain baut dengan ulir kiri supaya berlawanan arah dengan putaran sproketnya sendiri. Baut ulir kiri artinya membuka dengan cara diputar ke kanan.

"Dengan menggunakan baut yang seperti ini, baut tidak akan lepas sewaktu mesin berputar. Jelas karena sproket yang ada memang akan menahan putaran," lanjut pria berkacamata ini.

Lebih jauhnya lagi dengan adanya perlawanan antara baut dan putaran gir ini, si baut secara otomatis juga akan mengunci semakin kencang.

"Sehingga meskipun hanya satu tapi tetap kuat, mungkin kalau bautnya ada dua bisa dibikin seperti umumnya," ulas pria yang ngantor di wilayah Pulogadung, Jakarta Utara ini.

Selain itu masih menurut Reiner lagi, posisi baut ini diletakkan pada bagian tengah. Hal itu supaya kuat menahan perputaran sproket secara merata.

Buat mekanik yang ingin bongkar KLX 150S atau D-Track 150 jangan salah lagi ya. Sebab mau dipaksa bagaimanapun pasti enggak akan terbuka jika diputar ke kiri. Kalau baut ini rusak memang harganya tidak mahal, hanya Rp 5 ribu. Membelinya bisa di bengkel resmi Kawasaki.   (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa