Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Setel Rantai, Paling Pas Ala Pembalap

billy - Jumat, 13 Mei 2011 | 13:48 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

 Ukuran Sesuai kondisi Saat Jalan
Untuk mendapatkan setelan rantai pas, ada cara yang sering dilakukan di dunia balap. Yaitu dengan menekan jok atau diduduki. Cara ini untuk memberikan semacam beban pada motor seperti ketika dikendarai. Kondisi arm akan seperti dinaiki.  

"Memang di balap kadang kita melakukan cara seperti itu. Dilakukan semata untuk mendapatkan atau menyetel ketegangan rantai," kata Pinyo, mekanik tim road race Dumasari.


 Arm menekuk ketika dibawa jalan
Dengan diduki atau diberi beban maka ketegangan rantai yang didapat pasti akan sama dengan ketika motor dibawa jalan. "Cara seperti ini paling pas di motor sport karena sudah memiliki arm panjang," lanjutnya.

Untuk mengetahui bahwa sudah didapat ketegangan yang dirasa pas, jarak toleransi ketegangan rantai bisa dipastikan pakai jari. Dengan cara ini akan didapat jarak main dan ketegangan rantai.

"Sebelum baut roda dikencangkan, roda belakang harus diputar dulu kemudian direm. Nah, jika sudah tidak ada masalah artinya sudah didapat ukuran rantai yang ideal," tutup Pinyo. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa