Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tool Kit Rantai Honda CBR250R, Harus Pakai Alat Bantu

billy - Kamis, 12 Mei 2011 | 17:08 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

 Dirancang khusus supaya gak bikin cacat komponen dalam 
Meski belum ada yang ganti rantai, karena memang masih baru, tapi sudah mulai disebarkan alat bantu untuk melepaskan rantai Honda CBR250R.

“Tentu disebarkan ke bengkel resmi Honda,” kata Hariyadi dari Quality Assurance PT FSCM Manucafturing Indonesia (FMI), produsen rantai roda untuk semua merek motor di Indonesia.

Kok melepas rantai CBR250R mesti pakai alat bantu? “Sudah dicek. Tanpa alat bantu, melepas rantai CBR250R memang susah,” pasti Hariyadi yang berkantor di Rawa Gelam, Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Tool kit tambahan disebut chain cut dan rivet tool. Dibuat langsung oleh DID, produsen rantai dari Jepang. FMI punya jalinan kerja sama dengan DID, terutama untuk teknologi seputar komponen rantai.

“Benar. Kami memang sudah siap menyediakan tool kit tambahan untuk CBR250R. Susahnya melepas rantai CBR250R karena posisi rantai tertutup cover dan rangka. Kalau mau dilepas, terpaksa harus copot pro-link terlebih dahulu,” bilang Handy Hariko, Senior Manager Technical Service Development, PT Astra Honda Motor (AHM).


 Mendorong rivet atau keling untuk rantai baru
Handy juga bilang kalau alat yang digunakan dirancang khusus untuk melepas keling alias pin supaya bushing tidak cacat. “Disiapkan juga paket sil, pelat dan rivet,” kata Handy yang berkantor di Astra Honda Training Center (AHTC), Jakarta Utara.

Hariyadi ngasih tahu cara menggunakan alat pemotong dan penekan rivet. Kalau mau melepasnya, dorong rivet alias kling rantai dengan tekanan alat bantu. Pegangan tool kit ditahan sama kunci 27. Rivetnya didorong kunci pas 19 dengan diputar searah jarum jam. Pendorong rivet seperti jarum besar dari material khusus. 

“Sil dan bagian rivet yang sudah dilepas diganti baru. Paket pelat, sil, dan pin untuk rivet juga sudah disediakan. Cara ini dilakukan untuk rantai CBR250R yang sudah atau pernah diganti baru,” kata Hariyadi. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa