Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pilih Finishing Menentukan Hasil Keseluruhan

billy - Kamis, 28 April 2011 | 14:39 WIB
No caption
No credit
No caption


 Ayung Zulkarnaen. Carbon printing dihitung per 1 cm persegi
Mengakhiri proses modifikasi, beragam metode finishing bisa dipilih. Bermain airbrush, krom, cutting sticker, powder coating hingga carbon printing! Keseluruhan proses ini mewujudkan desain akhir sempurna. 

Bermain kinclong lewat nuansa krom. “Ambil contoh di Honda Tiger, cover mesin kanan-kiri Rp 400 ribu. Mesin full hingga crankcase bisa Rp 1 jutaan," sebut Ari Suprianto dari Pro Technic, di Rempoa, Tangerang, Banten.

Bosan unsur krom, pilih powder coating. Pengecatan dengan bubuk cat yang dipanaskan ini bisa juga untuk permanis areal mesin. Itu karena lebih tahan panas.

"Pilihan warna variatif. Misal di rangka Tiger. Sekitar Rp 600 ribu. Buat mesin full Tiger Rp 500 ribu,” ujar Yanto, spesialis cat powder coating di Rempoa, Tangerang.

Bermain airbrush, bisa beragam tipe. Mau realis hingga grafis. Biaya, tergantung dari desain. Misalnya grafis yang tergolong rumit. "Tipe sport, sekitar Rp 2,5 jutaan. Bebek dan matik, kisaran Rp 2 juta. Tapi, kalau sport yang minim fairing tentu lebih murah" kata Miftah dari FIM Paint & Brush di Jl. Damai Raya, Bintaro, Jakarta Selatan.

Cutting sticker juga bisa jadi acuan. "Pakai bahan Oracal, biaya berkisar dari Rp 300 ribu hingga Rp 1,5 juta. Tergantung desain," urai Agus Witjax dari Witjax modizigner di Jl. KH Hasyim Ashari, Cipondoh Raya, No. 88, Tangerang.

Pilihan lain bisa jatuh ke carbon printing. Proses pengerjaan macam krom. Dicelup ke air yang di permukaannya diberi lapisan film terlebih dulu. "Sekarang motifnya lebih beragam. Carbon sendiri sudah lebih dari tiga corak. Begitu juga motif kayu," aku Ayung Zulkarnaen dari MOSBI di Jl. Jembatan Gambang II, Gg. Bakso, Bandengan, Jakarta Utara.

Biaya yang dikeluarkan, tergantung dari part yang ingin dilapisi. Harga dihitung per 1 cm persegi yang dibanderol Rp 90. "Dihitung dari ujung-ujung sisi terpanjang dan sisi terlebar. Misal, Ninja 250R. Full bodi bisa kena Rp 5 jutaan," tutup Ayung sembari bilang tidak hanya bodi part doang yang bisa dilapis, tapi juga pelek dan komponen lainnya. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa