Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Komparasi Ongkos Servis Injeksi Dengan Karburator

billy - Selasa, 29 Maret 2011 | 16:40 WIB
Komparasi Ongkos Servis Injeksi Dengan Karburator
Komparasi Ongkos Servis Injeksi Dengan Karburator

Lantaran usung teknologi tinggi. Motor yang sudah menggunakan sistem injeksi bahan bakar kabarnya ongkos servis terkenal mahal. Bisa dua kali lipat ongkos servis motor karburator. Kalau benar, artinya berbanding terbalik dengan konsep FI yang katanya minim perawatan.

Biar tidak salah sangka, mending ditelusuri langsung ke bengkel resmi yang biasa menyediakan pelayanan servis motor injeksi. Seperi bengkel resmi Honda, Yamaha maupun Suzuki.

“Setelah lepas masa servis gratis (di atas 4.000 km), konsumen pemilik Suzuki FI dikenakan biaya jasa servis sekitar Rp 30 ribuan tanpa ganti oli. Harga ini sama dengan jasa servis motor bebek karburator pada umumnya,” ucap Sugeng Riyadi, mekanik Suzuki Pondok Labu di Jl. Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Tak jauh beda dengan bengkel resmi Honda yang memantok harga servis Honda Supra X125 PGM-FI dengan kisaran harga yang sama. Hanya saja yang membedakan dengan tipe bebek karburator, waktu servis lebih cepat.

Yamaha yang menerapkan injeksi pada motor sport V-Ixion, pun tak terpaut jauh dengan harga servis motor bebek. Cuma lantaran varian ini termasuk jenis sport, selisihnya bisa sekitar Rp 7 sampai 10 ribuan.

“Harga servis di Yamaha masih bisa fleksibel, tergantung lokasi dan tipe bengkel. Kecuali kalau ditambah servis injektor pakai cairan khusus. Bisa Rp 50 ribu dan hanya ada di DDS,” timpal Zahud, Service Sdvisor DDS, Cempaka Putih, Jakarta Timur.  

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa