Deteksi Masalah Transmisi Yamaha Scorpio

Billy - Kamis, 24 Februari 2011 | 17:53 WIB
Deteksi Masalah Transmisi Yamaha Scorpio
Deteksi Masalah Transmisi Yamaha Scorpio

Otomotifnet.com - Transmisi Yamaha Scorpio termasuk jarang bermasalah. Itu karena part berupa susunan gigi rasio di as girboks bermaterial kuat juga presisi.
 
Sehingga tidak akan mengalami kerusakan fatal. Tapi, bisa saja ngalami masalah, seperti susah pindah gigi atau miss. Parahnya, gigi rasio bisa rompal atau bahkan patah.

“Benar kalau gigi rasio Scorpio jarang alami masalah. Kalaupun susah masuk gigi, biasanya garpu shiftdrum (shif fork) as pengungkit drum pemindah gigi yang enggak lurus, atau kampas kopling sudah mulai tipis,” papar Ewin Satria Putra, kepala instruktur sekolah mekanik HMTC cabang Medan, Sumatera Utara.

Diperkirakan Ewin, Scorpio yang merupakan motor kategori turing disarankan agar selalu menjaga kualitas oli, cara berkendara yang tepat saat akan pindah gigi, melihat beban yang dibawa juga dan jangan sering engine brake.
 
Intinya, bila ingin transmisi Scorpio tetap baik harus lebih paham poin service yang harus dilakukan. Seperti ganti oli sesuai jadwal, setel jarak main rantai roda juga jarak main handle kopling di setang.

Kesimpulannya, karena transmisi jarang rusak dan harganya mahal, jangan coba bongkar transmisi bila tidak ada hubungannya dengan penggantian komponen itu.
 
Mekanik pun harus paham betul prosedur sistem transmisi baik pembongkaran maupun pemasangan. "Sebab salah sedikit saja bisa fatal akibatnya," imbuh Erwin di Jl. Sempurna Ujung, No. 182, Medan Teladan, Medan. Telepon (061)7869695 atau 0813-7026-4902.

Dan bagi pengendara, perhatikan prosedur berkendara yang baik dan aman. Juga harus peka terhadap poin servis di komponen. Terutama yang ada hubungan dengan transmisi.

 “Jika dirasa ada hal yang mengganggu saat proses pemindahan gigi, harap segera ditindaklanjuti. Bawa dan cek ke bengkel yang mekaniknya paham dengan sistem kerja transmini di motor. Jangan lupa juga gunakan part berkualitas. Karena itu merupakan bagian dari safety riding,” wanti Ewin.


Editor : Billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa