Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Upgrade Performa Honda PCX 125

billy - Jumat, 21 Januari 2011 | 10:01 WIB
Upgrade Performa Honda PCX 125
Upgrade Performa Honda PCX 125

Jakarta - Berencana bikin performa Honda PCX 125 kesayangan makin responsif dan lebih enteng pada putaran bawahnya? Enggak ada salahnya lirik hasil racikan Lorenz Sigar, warga Cilandak Timur, Jaksel yang baru berusia 3 bulan ini.

“Cuma pasang modul pengapian Andrion4 power, koil Andrion 5A, ganti knalpot custom model freeflow, ganti roller dan aplikasi busi NGK Iridium. Kalau diitung-itung, biaya totalnya sekitar Rp 2,5 juta,” ungkap Lorenz.

Pengerjaan cukup sehari, soalnya part yang diaplikasi model plug and play (PnP). “Tapi knalpot full stainless ini mesti reset dulu. Harganya Rp 900 ribu."
 
"Ini racikan yang kedua dan hasilnya sudah pas. Bikinan pertama terlalu plong, sehingga putaran bawah kurang nendang,” imbuh pria yang mengaku part tersebut hasil riset sendiri.

Begitu juga dengan modul pengapian khusus injeksi ini. Awal pasang, Lorenz aplikasi Andrion 2 power, tapi hasilnya tampilankurang memuaskan. “Setelah coba yang 4 power ini, putaran bawahnya jauh lebih bagus. Ongkos tebusnya Rp 1,1 juta,” aku pria 30 tahun.

Tak ketinggalan, selain uji coba modul, untuk peroleh hasil optimal, pria berprofesi sebagai fotografer ini juga gonta-ganti koil pengapian.
 
“Sebelumnya saya pasang koil Andrion 2A, tapi perubahannya kurang terasa. Tapi setelah pakai yang 5A, lebih cocok dan terasa perubahannya. Harganya Rp 325 ribu,” yakin bapak 1 anak ini.

Selain itu, untuk membantu dongkrak pengapian di ruang bakar agar lebih optimal, pria berbobot 75 kg ini aplikasi busi NGK iridium CR7 EIX, yang ditebusnya Rp 100 ribu.
 
“Hal ini untuk menyesuaikan pengapian yang sudah meningkat. Misal busi tandar tidak diganti, kemungkinan hasilpembakarannya juga kurang maksimal,” kekeh pria berpostur tinggi 170 cm.

Terakhir, demi membantu putaran bawah lebih cepat, Lorenz melengserkan roller orisinalnya (18 gr) dan diganti roller KTC 14 gr, versi aftermarket Suzuki Skywaveyang ditebus dengan dana Rp 75 ribu.

Setelah dites pakai mesin dyno Sportdyno V3.3 milik Global Motorindo di daerah Galur, Jakpus, menunjukkan hasil power maksimalnya 9,8 dk/4.570 rpm. Sedang torsinya 18,05 Nm/3.708 rpm.

“Berhubung kondisi standar tidak sempat tes dyno, perubahannya sebelum dan sesudah di-upgrade seberapa besar, tidak ada pembandingnyayang akurat,” imbuh Lorenz.

Masih ujarnya. “Kalau dibanding hasil dyno yang tertera di brosur (power : 11,7 PS/8.500 rpm, torsi : 1,19 kgfm/6.000 rpm), memang kelihatan menurun."
 
"Tapi hasil tes pabrikan juga tidak bisa jadi patokan utama.Yang jelas, setelah diubah demikian, untuk melibas tanjakan makin eces alias gampang. Akselerasi lebih cepat, meski berboncengan dengan istri. Stop and go di perkotaan, juga tambah oke.”

Hati-hati ngegas-nya, Gan!
 Daftar harga part 
 Part  Harga
 Modul pengapian Andrion    Rp 1,1 juta
 Koil Andrion 5A  Rp 325 ribu
 Knalpot stainless  Rp 900 ribu
 Busi NGK iridium CR7 EIX  Rp 100 ribu 
 Roller KTC  Rp 75 ribu
 Total  Rp 2,5 juta

Andrion : 0812-9188846
Knalpot : 0812-8120707

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa