Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bursa Gemuk, Harga Pelumas Part Bergerak

billy - Selasa, 5 Februari 2013 | 06:42 WIB
No caption
No credit
No caption


Biar awet dan tahan lama, beberapa komponen sepeda motor memang harus dilumasi. Tapi jangan berpikir kalau pelumas itu hanya oli aja. Grease atau yang lebih dikenal oleh kita gemuk juga termasuk lubricant.

Untuk sepeda motor yang sehari-hari biasa diajak menerjang jalan kering dan basah, otomatis riskan terjadi karat. Makanya untuk menunjang kinerja performa motor wajib dilumasi cairan dengan viskositas yang lebih tinggi dibanding oli.

Beberepa komponen sepeda motor yang biasanya wajib dilumasi gemuk meliputi laher komstir, gigi spidometer, grip gas, sok depan. Kalau di matik sedikit tambahan pada area CVT seperti V-Belt.

Grease yang ada di bengkel umum banyak macam dan merek. Mulai dari gemuk merek TOP 1 Chassis Grease dengan berat isi 454 gram dijual Rp 20 ribu. Ada juga TOP 1 Hi Temp Grease dengan berat yang sama 454 gram tapi dengan harga beda Rp 30 ribu.

Merek lainnya adalah STP Synthetic Grease. Gemuk dari STP ini mempunyai isi kemasan 450 gram. Harga jualnya tergolong paling mahal dibanding merek lain yaitu Rp 35 ribu.

“Sebenarnya gemuk lain juga punya kualitas bagus. Tapi STP lebih mahal karena mungkin orang sudah lebih kenal dengan merek ini,” sebut Jamal, mekanik Robi Motor di bilangan Petukangan Utara, Jakarta Selatan.

Gemuk lainnya ada juga yang bermerek Rotary. Dengan tutup kemasan yang dibuat dari plastik kemasan sehingga lebih memudahkan saat dibuka. Berat isinya 454 gram. Harga jualnya sangat terjangkau Rp 27 ribu. (motorplus-online.com) 


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa