Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kenali Mur Besar, Ada di Komponen Tertentu

billy - Jumat, 14 Desember 2012 | 11:00 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Ukuran mur yang umum rata-rata enggak terlalu besar dengan desain hampir sama. Tapi, di motor juga ada mur ukuran besar dan bentuknya macam-macam. Mur besar kerap dipakai mengikat komponen gede pula. Membuat kekuatan ikatnya jauh lebih baik, terutama peranti yang bergerak atau berputar.

“Yang gampang dilihat mur as komtrir. Bentuk luarnya memang tidak seperti mur-mur umumnya, tapi menggunakan celah (got) sebagai media pengungkit untuk membuka dan menguncinya. Makanya harus menggunakan washer plate (kunci catok) sebagai kuncinya,” ujar Maman Sugiman alias Boim, kepala instruktur kursus mekanik HMTC cabang Depok.

Selain di komstir, mur besar juga bisa dilihat di sokbreker belakang. Mur ini biasanya dipakai di tabung sokbereker untuk mehanan pegas sok. Supaya bisa disetel kekerasannya. Rata-rata di sok variasi. Mengencangkan atau mengendorkannya pakai toolkit khusus.

Nah, kalau mur besar yang bentuk sama dengan mur biasa dapat dilihat di rumah CVT. Biasanya terpasang di mangkuk rumah kopling sentrifugal.

“Untuk membuka dan mengencangkan mur CVT ini harus pakai alat khusus. Namanya kunci ring mur sentrifugal,” jelas Boim yang bertugas di Jl. Tole Iskandar, Depok-Bogor. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa