Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Spesialis Kelistrikan, Perbesar Sepul Buat HID

Dimas Pradopo - Sabtu, 17 Maret 2012 | 00:02 WIB
No caption
No credit
No caption


Kasus pakai lampu HID tapi aki tekor melulu, biasanya orang mengambil solusi cepat dengan memasang alat anti tekor. Ternyata katanya cara ini enggak benar. "Pemasangan alat anti tekor bagian dari mengakali. Bisa berakibat aki meledak. Karena enggak bisa menahan arusnya," buka Lukas Susanto.

Soal HID, pria yang pernah gabung di Honda Cawang, Jakarta Timur ini, memberikan solusi, kalau tekor sebaiknya sepul yang diperbesar. "Ibarat air yang keluar dari keran kecil, bukan pipanya yang harus dibesarkan, tapi mengganti pompanya dengan jet pump," ujar ayah tiga putra ini mengibaratkan. Memperbesar sepul, kapasitas pengisiannya bisa mendekati 10A atau sekitar 120 watt. Jadi, naik hampir 2 kali lipat. Dan, rata-rata HID hanya memakai 35 watt.

Karena banyaknya konsumen yang datang kepadanya dengan alasan yang sama soal kelistrikan, akhirnya ia produksi massal beberapa sepul untuk pengguna lampu HID. Bahkan produk yang lain yang masih berhubungan dengan kelistrikan motor juga ia produksi. Seperti boster lampu, boster koil, stabilizer aki dan sebagainya.

Lukas pun pernah membuat alat konverter dari aki motor agar bisa menyuplai listrik rumah apabila mati lampu. "Akan dipakai untuk daerah tertinggal yang belum terjangkau listrik dalam program BLT," terang kelahiran 23 Februari 1960 ini.

Soal harga, lukas patok harga paketan. Untuk 1 lampu dipatok beserta sepul dan kiprok Rp 850 ribu. Sedangkan 2 lampu dengan sepul dan kiprok dipatok Rp 1,4 juta. Garansi 1 tahun. (motorplus-online.com) 


LUKAS PRODUCT. Perum. Jurangmangu Permai, Jl. Permai Tengah 8 No. 2, Pondok Aren, Tangerang. Telepon (021) 333-20-668 

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa