Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Part Custom Handmade, Terbatas dan Individual

billy - Sabtu, 31 Desember 2011 | 06:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
Barang-barang langka, handmade atau NOS (New Old Stock) dan variasi khusus sangat diburu. Terutama oleh komunitas  atau club choppers, brad style, jap’s, retro, flat track atau café racer. 

Mereka punya selera individual dan antusias mencari part variasi estetis dengan stok terbatas atau made by order. Para builder dan pengrajin barang-barang getol menyalurkan kreasinya. 

Saat custom secara utuh sudah jadi, para rider bakal berpikir untuk berburu part penunjang untuk menuntaskan customizednya. Begitu seterusnya.

Mereka bakalan bangga dan puas kalau part-part itu jarang dimiliki rekan-rekan sesama rider. Ayo  hang out dan menyimak koleksi-koleksi mereka. Syukur-syukur jika harga sudah mereka patok. Jadinya khan jelas, bukan begitu, Bro?

No caption
No credit
No caption

Setang
Banyak builder mendesain sendiri setang-setang sesuai ciri khas mereka. Atau ada pesanan khusus penikmat modifikasi. Mulai  bentukan konvensional ape hanget, bullhorner sampai desain custom yang jarang ditemui dimana pun.

Rumah modifikasi semisal U53 Custom, Yasashii Kustom, Psychocycle, Pei  52 Custom, Awiwiww Art Shop, Double Ho Chop dan banyak lagi. Mereka getol membuat setang baik ready stock ataupun berdasarkan pesanan. Harga dipatok mulai dari Rp 150 ribu sampai di kisaran 1 jutaan.

Segitiga
Beberapa rumah modifikasi membuat segitiga atau T atas-bawah berdasarkan customized khusus. Menggunakan bubutan manual atau dengan mesin CNC. “Untuk triple three system CNC, harga yang dipatok di kisaran Rp 1,5 juta,” jelas Hoho Yulianto dari Double Ho Chop. 

Saat dicari informasi dari builder-builder lain, harga-harga ada di kisaran itu. Bentuk bisa disesuaikan selera klien atau arahan dari buildernya.

No caption
No credit
No caption

Tutup Tangki
Banyak rumah modifikasi menawarkan tutup tangki khusus untuk motor sampeyan. Desain beragam, bisa berbentuk mahkota, berupa dadu dan banyak lagi.

Tawaran datang dari Retro Classic Cycle Jogjakarta, Awiwiww Art Shop, Yasashii Kustom, Jovie 1% Bandung, Psychocustom Bekasi, Garage 99 Custom dan banyak lagi. Mereka menjual dalam kisaran harga rata-rata mulai Rp 75 ribu sampai jutaan, tergantung desain dan tingkat kesulitan.

Untuk kemudahan klien, sudah disediakan selongsong atau dudukan hingga customizer tinggal mengelas dudukan itu di tangki yang akan dipasang.

Oh ya, banyak desain yang ditawarkan terbilang kurang safety karena berkarakter tajam. Untuk itu, disarankan lebih jeli, enggak cuma berdasarkan keindahan desain.

No caption
No credit
No caption

Kulit Penunjang Estetika
Ini juga jadi salah satu pelengkap penikmat modifikasi. Jok kulit berukir, pelapisi tangki, handgrip atau saddle bag. Beberapa pengrajin  disinyalir jadi incaran para customizer.

Di Jakarta, ada Outsiders Leather Shop buatannya Kang Billy The Kid. Di  Bandung bisa toz bro dengan Jovie 1% di zona Cibaduyut atau Buretos Leather dari Bro Ikman Setiadi.

”Penambahan unsur kulit membuat motor jadi elegan, lux dan mewah. Kesan individual juga kental karena dibuat khusus untuk yang bersangkutan. Bisa juga diukir nama pemilik, klub atau gaya jahitan spesifik,” ujar Ikman.

Hal senada diungkap Billy juga Jovie. Untuk jok single sitter harga dimulai dari Rp 500 ribu sampai 2 jutan. Sedang tas bisa lebih mahal karena banyak memakan bahan dan dudukan untuk motor. Ada di kisaran Rp 800 ribu sampai Rp 1,5. Untuk paket hemat bisa juga memakai kulit imitasi dengan rentang di bawah RP 1 jutaan.


Lain-lain
Beberapa part langka juga tersedia. Seperti lampu sen mini atau sedang 4 pieces dipatok antara Rp 80- 100 ribu oleh Garage 99 Custom. Di Solo, Bro Kamso dari komunitas motor antik misalnya menjual sirine di sepatbor untuk Harley-Davidson tipe 58 original buatan Amerika. Bukan barang abru lho, tapi orsi, komplet dan masih berfungsi lengkap dengan tarikan tangan dan kabel

Ups, dia juga  menyediakan holder lampu jauh-dekat, handgrip asli merek Britax buatan Inggris. Barang-barangnya bukan repro tapi asli dan ada dalam kondisi mulus. Untuk itu, silakan langsung ‘pengepul’ barang langka ini di 0813-29996-800.

Selamat berburu!  (motorplus-online.com)

ALAMAT RECOMMENDED
U 53 Custom. Komp. Sanggar Hurip, Jl. Sanggar Kencana V No. 7, By Pass Bandung HP 08156091759
Garage 99 Custom. Jl. Srimahi 1/7 Bandung 081385993309
Jovie 1% Jl. Cibaduyut Dalam 1 No. 33 Belakang Mesjid Al Fatah Bandung  HP 0856-9410-8319
Buretos Leather Work. Kubang Selatan IV No. 101 RT 04/14 Dipatiukur, Bandung, HP 0812-2002-1986.
Awiwiww Art Shop dan Outsiders  Leather Shop Carburator Springs, Route 66, Jl. H. Ropiah RC Veteran Tanah Kusir Jakarta, 021-91887399-0817610672
Psychocycle Custom. Jl. Letda Nasir Villa Nusa Indah 2 Bekasi, Telp. (021) 91340005.

Yasashii garage Kustom. Batu Nunggal Estate Jl. Molek II. No. 49 Bandung HP 08156263217.
Hoho Yulianto, Double Ho Chop. Jl Soekarno Hatta No. 24 Semarang, HP 08156607123.
Retro Classic Cycles. Jl. Melati Wetan Jogjakarta Telp. (0274) 563232

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa