Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ducati Buka-Bukan Mesin Superquadro 1199 Panigale

billy - Selasa, 11 Oktober 2011 | 14:45 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Meski belum jelas wujud asli 1199 Panigale, Ducati sudah buka-bukaan soal mesinnya yang konon sangat power full. Mesin ini adalah mesin V twin 90 derajat yang benar-benar baru dan dijuluki "Superquadro".

Julukan ini karena karakter mesinnya sangat over square. Diameter pistonnya jauh lebih besar ketimbang stroke-nya. Pistonnya berdiameter 112 mm sedang stroke-nya cuma 60,8 mm. Mesin seperti ini punya karakter cepat bergangsing hingga putaran tinggi.

Mesin ini juga dilengkapi dengan hybrid chain / gear-driven camshaft, klep titanium, kopling basah yang terendam oli, throttle tipe ride-by-wire dan memiliki pilihan sistem “riding mode”.

Hasilnya, tenaga yang dihasilkan mencapai 195 hp di 10.750 rpm dan torsinya 13,5kgm pada 9.000 rpm. Mantab kan! Makin mantab ketika ukuran motor starter dan baterainya dibuat lebih kecil, sehingga bobot mesin bisa lebih ringan.


Pemilihan jenis kopling basah yang terendam oli juga menunjukan pengakuan Ducati pada kopling tipe ini yang mampu bekerja lebih baik ketimbang kopling kering. Beberapa varian Ducati terbaru seperti Multistrada 1200 dan Diavel juga telah mengadopsi kopling basah.

Menariknya mesin ini nantinya akan menjadi mesin motor jalanan Ducati yang pertama yang terintegrasi langsung dengan rangka. Seperti "frameless chassis design" yang dipakai pada Ducati GP11 di MotoGP.

Aplikasi rangka ini mengakibatkan mesin bisa lebih maju 32 mm, efeknya tentu akan terasa pada handling yang lebih mudah dikendarai. Wajib ditunggu nih! (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa