Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengenal Universal Foot Tappet, Bikin Klep TVS Tormax Bebas Berisik

billy - Kamis, 7 Juli 2011 | 12:42 WIB
No caption
No credit
No caption


Satu terobosan pada mekanisme buka-tutup payung klep di kepala silinder TVS Tormax 150 adalah part tambahan yang diberi nama "universal foot tappet".

Part ini terletak diantara baut penyetel kerenggangan klep dengan ujung atas as klep. Bentuknya seperti kaki gajah yang membesar di bagian bawahnya. Bukan cuma untuk gaya-gayaan, komponen ini punya dua keunggualan.

"Yang pertama adalah memudahkan penyetelan celah klep," buka Ades Fajarudin, Training Cordinator, PT TVS Motor Company Indonesia (TVS-MCI).

Tanpa universal foot tappet, baut penyetel celah klep dan as klep permukaanya tidak rata. "Tapi dengan adanya komponen ini jadi lebih rata. Gesekan pun lebih minim karena di dalamnya ada oli sehingga tumbukannya bisa terkurangi," jelas Ades saat dihubungi via telepon genggamnya ini.

Gesekan yang minim akibat pelumasan yang baik dan berkurangnya efek tumbukan berdampak diperolehnya keuntungan kedua. "Yaitu dapat mengurangi noise atau suara berisik," jelasnya.

Soal perawatan, Ades menjamin tidak ada langkah khusus. "Asal aliran oli lancar tidak perlu perawatan, ya seumur motor itu," yakin Ades. Wah, bebas perawatan dong! (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa