Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Performa Mesin Injeksi Mantap Sejak Pagi

billy - Selasa, 29 Maret 2011 | 13:00 WIB
No caption
No credit
No caption


 Greng sejak pagi atau ketika dingin
Masih
banyaknya pengguna motor yang takut menggunakan motor injeksi, bisa jadi karena belum merasakannya. Padahal kalau sudah coba pasti jatuh cinta. Terutama dari segi performa yang nyata dirasakan saat riding.
 
Manfaat itu bisa dirasakan sejak pagi hari ketika menghidupkan motor pertama kali. "Motor injeksi pasti lebih gampang hidup saat pagi atau dingin dibandingkan karburator," kata M. Abidin, Asisten GM Service PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), pabrikan motor Yamaha di Indonesia.
 
Hal itu dimungkinkan karena dengan injeksi bahan bakar itu disemprotkan, bukan diisap layaknya karburator. Dengan begitu maka suplaynya ke ruang bakar lebih cepat dan mantap sehingga motor jadi gampang dihidupkan.

Selain itu bagi penggemar kecepatan, akselerasi injeksi juga lebih baik dibandingkan karbu. "Hal itu karena suplay bahan bakar langsung diperintah ECU, beda dengan karburator yang menunggu gaya inertia pada saat piston turun ke TMB pada langkah isap," urai Abidin lagi.

Dari keterangan itu jangan ada lagi anggapan injeksi itu lambat dan tidak bertenaga. Untuk urusan bore up pun masih dimungkinkan karena saat ini sudah banyak beredar Yamaha V-ixion mencapai 180 cc. Paket bore upnya juga banyak dijual lho.

Di soal irit-iritan. Menurut data yang dimiliki Yamaha, motor injeksi rata-rata lebih irit 5% dibandingkan model sekelasnya dengan cc yang sama.  

Mantap!  (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa