Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Memahami Arti Beberapa Isyarat Saat Turing

billy - Minggu, 10 Februari 2013 | 13:18 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Ketika turing bareng atau sendiri, pengendara memiliki cara sendiri dalam memberikan isyarat, Informasi ini biasanya diberikan langsung oleh pimpinan rombongan atau road captain kemudian diteruskan ke yang lain lewat gerakkan tangan atau kaki. Berikut penjelasan makna dari bahasa tubuh itu.

KODE ISI BENSIN, Tangan menunjuk atau menepuk ke tangki bensin. Kode ini merupakan tanda agar segera atau bersiap mengisi bensin di SPBU terdekat.
MENEPUK KEPALA, Sebagai pimpinan rombongan tentu mengetahui kejadian yang ada di depannya. Termasuk jika ada pemeriksaan kendaraan atau razia. Road captain bisa menginformasikan dengan menepuk kepala.
KODE LAPAR, Perjalanan panjang nggak bisa sembarangan di urusan perut. Perut kosong bikin emosi jadi gampang meledak. Jadi kalau memang sudah waktunya makan, ya jangan diunda lagi. Tanda yang biasa digunakan bisa dengan menepuk tangan ke perut.

No caption
No credit
No caption

ENGINE START, Memutar jari telunjuk tanda bersiap menyalakan mesin
BERBARIS, Tangan di atas helm isyarat rombongan kudu berbaris.
TELUNJUK DI HELM, Kode ada pemeriksaan atau razia dari kepolisian.
TERUS JALAN, Gerakan tangan ke depan agar rombongan tetap terus bergerak. 

No caption
No credit
No caption

BELOK KIRI, Tanda atau aba-aba dengan menggerakan tangan kiri sambil menunjuk ke kiri. Maksud dari kode ini rombongan harap bersiap-siap untuk belok ke kiri.
BARIS ZIG-ZAG, Road captain mengangkat tangan sambil mengacungkan jari kelingking dan telunjuk. Maksud dari kode ini ini agar rombongan berbaris dengan posisi zig-zag. Posisi ini memberikan keleluasaan kepada pengendara yang ada di belakang untuk melakukan manuver atau pengereman.
BELOK KANAN, Sama seperti sinyal tangan road captain ketika akan belok kiri. Kebalikannya, pimpinan turing, masih tetap dengan tangan kirinya akan menunjuk ke arah kanan. Sinyal ini menginformasikan kepada seluruh rombongan agar bersiap untuk belok kanan. 

No caption
No credit
No caption

KODE ‘NGEBUT’, Tangan ke atas dengan jari terbuka sambil diayun ke depan. Isarat ini memberikan tanda bahwa pengenda harus lebih mempercepat kendaraan. Captain leader menganggap jalan bisa dilalui dengan kecepatan lebih tinggi.
SILAKAN MENDAHULUI, Tangan kiri di bawah sambil diayun. Ini memberikan sinyal kepada pengendara di belakang silakan untuk melewati pengendara yang berikan kode itu. Biasanya pemberi kode ingin menyampaikan informasi untuk pengendara yang berada paling belakang.
DUA BARIS, Pimpinan turing mengacungkan dua jari. Itu menandakan rombongan turing harus membuat iring-iringan menjadi dua baris. Biasanya kondisi ini dilakukan captain leader saat lalu lintas sepi. Satu jari jika rombongan melewati lalu lintas ramai.


BERJAJAR 1 BARIS, Saat di jalan, road captain, mengacungkan jari telunjuk ke atas. Ini menandakan barisan turing segera berjajar satu per satu. Tindakan sperti ini bisa dilakukan atau disebabkan karena kondisi jalan menyempit atau saat itu jalanan sedang padat.
MENGEPAL TANGAN, Road captain mempertimbangkan aspek keselamatan di jalan. Ketika jalur yang akan dilewati memiliki rintangan, maka road captain akan mengepalkan tangan, agar rombongan berhenti sejenak. Setelah dirasa aman, baru kemudian bergerak maju.
DUA KAKI & TANGAN KIRI TERBUKA, Namanya di jalan ada saja hambata yang dihadapi. Seperti lubang, kerikil bahkan ceceran oli. Untuk menandakan rintangan yang dilalui baik di sisi kiri maupun kanan, road captain akan melebarkan kaki kiri-kanan dan tangan kiri. Hati-hati. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa