Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Belanja Perlengkapan Hujan, Dari Kepala Hingga Kaki

billy - Senin, 19 November 2012 | 09:33 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Musim hujan sudah mulai datang. Perlengkapan untuk berkendara saat hujan penting disiapkan. Jangan sampai, ketika sedang riding hujan turun terpaksa berhenti lama memenuhi kolong fly over atau underpass. Yang pasti bikin macet dan bahaya juga untuk pengendra itu sendiri. Dan pastinya juga bikin jengkel pengguna jalan lain.

Untuk itu siapkan dari sekarang perlengkapan berkendara di saat hujan yang mesti dibawa.

JAS HUJAN
Ini perlengkapan wajib pengendara ketika melibas hujan. Jangan sampai ketinggalan. Pilihannya modelnya sudah banyak di pasaran. Dari warna-warni sampai bening bin transparan. Yang mesti diperhatikan pemilihan warna. "Jas hujan dengan warna mencolok lebih mudah dilihat pengendara lain. Lebih aman," pesan Budhi Dharma, instruktur safety riding dari PT Astra International HSO Mataram.

Buat pengendara cewek, pilihannya lebih bervariasi. Nggak hanya bentuk, motif juga feminin. "Warna cerah dan motif juga memperlihatkan pengendara cewek mudah dikenali walau saat hujan," tambah Diah Kurniasih, produsen jas hujan cewek.

COVER SEPATU
Banyak pengendara yang lebih memilih pakai sendal jepit dan menyimpan sepatu dalam tas ketika hujan. Ingat, Bro! Itu sama saja menyiapkan kaki langsung berhubungan dengan aspal. Kalau terpeleset sedikit, kaki bisa jadi 'tumbal'.

Mending siapkan cover sepatu. Sepatu tetap terlindung dari air, kaki juga tetap aman. Yang perlu diperhatikan pemilihan bentuk. Saran Kim, juragan TrenTik Motor dari Jl. Otista Raya No.52, Jakarta Timur, cover disesuaikan bentuk sepatu, sehingga nggak mengganggu saat menapak di aspal. “Terutama untuk pilihan bahan sol. Pilih yang nggak licin dan menutup rapat bagian sepatu.”

No caption
No credit
No caption


COVER TAS
Bawaan dalam tas juga perlu dilindungi dengan pelindung tas. Nggak hanya perlengkapan pribadi, ada kertas kerja yang memang mesti diamankan.

Model cover tas banyak ditawarkan di pasaran. Baik merek dan jenis bahan. Dari yang tipis sampai yang memiliki kualitas bagus. Harga jualnya juga nggak terlalu menguras kantong. Paling berkisar antara Rp 40 ribuan hingga Rp 70 ribuan.

Pemakaiannya juga lebih safety. Ketimbang tas dibiarkan nyelip di dalam jas hujan yang pastinya akan mengganggu saat berkendara mending sediakan cover tas sendiri. Sehingga nggak mengganggu gerak tangan menghandel setang.

TEMPAT GADGET
Rasanya, hampir seluruh pengendara kini sudah pegang gadget. Mungkin nggak hanya telepon atau BlackBerry yang dibawa. Ada juga Ipad, MP3, laptop dan sebagainya. Mengandalkan cover tas, rasanya masih kurang tenang. Sebab, cover tas masih kurang maksmil melindungi gadget ketika hujan.

Makanya sediakan selalu wadah khusus yang memang sudah didesain memiliki bahan kedap air. Terlebih sekarang sudah banyak yang jual kantong bahan plastik transparan. Dan asyiknya lagi, kalau ada kantong kedap air, semua gadget bisa masuk jadi satu, lalu bisa aman dimasukkan ke dalam tas. Termasuk dompet yang juga bisa 'diamankan' di sini.


COVER HELM
Untuk perangkat satu ini mungkin masih jarang yang melakukan. Karena bahan batok helm mudah dilap kalau kena air hujan. Tapi buat Saut Simatupang, pria yang berkreasi membuat cover helm, pelindung helm ini boleh dan layak dicoba.

"Selain motifnya bisa diganti secara temporer, air yang membasahi batok helm juga tidak gampang merembes ke bagian busa. Terutama pada bagian samping dagu atau kuping," tegas Saut.

Bahan cover helm yang anti air, tetapi agak tipis sehingga dipastikan tidak akan mengganggu ukuran helm dengan kepala pengendara. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa