Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pakai Bahan Berpendar Saat Berkendara, Aman di Waktu Malam

billy - Jumat, 5 Oktober 2012 | 09:11 WIB
No caption
No credit
No caption

Penggunaan barang berpendar pada kedaraan bermotor, itu penting. Semisal penggunaan scothlite pada motor dan kain berpendar pada jaket. "Agar pengendara lain melihat keberadaan kita ketika malam hari," kata Sigit Wicaksono,Insturktur Safety Riding dari PT Wahana Makmur Sejati. Di bagian mana saja komponen itu sebaiknya diletakkan?.

Helm

Pelindung kepala ini bisa juga diberi sentuhan bahan flouroscen. Biasanya di bagian bawah helm, ini untuk memberikan signal pada pengendara yang ada di belakang kita. 

Jaket Bagian Belakang
Biasanya yang menggunakan jaket dengan berpendar di bagian belakang adalah anak klub yang sudah melek akan pentingnya safety riding. Ini merupakan item terpenting di jaket klub, lho.

Pergelangan Tangan Jaket
Ini berfungsi ketika kita memberikan aba-aba ke rombongan dibelakang, saat sedang melakukan konvoi. Tentu dengan penggunaan bahan berpendar ini, tangan bisa lebih terlihat jelas dari belakang. Sehingga aba-aba yang diberikan bisa dicerna pengendara belakang.

Sepatu Di bagian Tumit

Biasanya di bagian tumit ini, ditempeli bahan menyala yang dijual di pinggir jalan. Tempelan yang memantulkan cahaya ini, dimaksudkan untuk memberikan sinyal bahwa jalan berlubang dengan cara menurunkan salah satu kaki. Jadi, bisa lebih terlihat.

Dudukan Gir Belakang
Gir belakang biasanya terdapat pelumas dan bisa melontarkan barang tertentu ke arah pengendara belakang, sehingga wajib hukumnya diberi tanda signal. Ini dimaksudkan agar tidak terlalu dekat dan sejajar agar terhindar dari kemungkinan tersebut.

Sepatbor Belakang
Di bagian ini, dimaksudkan agar motor yang belakang jangan terlalu dekat. Karena itu sangat berbahaya dan bila berhenti mendadak bisa nyeruduk. Jadi, harus jaga jarak aman. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa