Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nih Sepeda Motor Pertama Suzuki, Power Free E1

Dimas Pradopo - Rabu, 27 Juni 2012 | 11:27 WIB
No caption
No credit
No caption


Saat ini kita kenal Suzuki dengan berbagai model terbaru. Dari matik seperti Nex hingga Satria FU dan moge GSX series hingga pacuan motoGP GSV-R. Tapi rasanya banyak yang belum tahu, seperti apa wujud sepeda motor pertama buatan Suzuki di tahun 1951.

Namanya Suzuki Power Free E1. Motor yang lebih mirip sepeda kumbang ini dijejali mesin satu silinder 36 cc 2 tak. Dengan konfigurasi diameter piston dan langkah 36mm x 36mm, mesin ini hanya memiliki tenaga 1 hp di putaran mesin 4.000 rpm.

Meski kecil tapi lebih dari cukup untuk melakukan perjalanan sehari-hari. Makin asik, motor ini memudahkan penggunanya karena ada pedal layaknya sepeda kayuh. Dengan pedal ini bisa membuatnya tetap berjalanan meski kehabisan bahan bakar.

Sayangnya, varian ini tidak dijual dalam rentang waktu lama. Kebijakan pemerintah Jepang yang membebaskan pengendara tanpa SIM boleh naik motor berkapasitas 90 cc untuk 4 tak dan 60 cc untuk 2 tak membuat Suzuki harus mengembangkan motor dengan mesin lebih besar agar bisa bersaing.

Solusinya di tahun 1953, Suzuki memasarkan Diamond Free yang bermesin 58 cc dengan desain sudah makin mirip sepeda motor. Bukan lagi sepeda.. (motorplus-online.com) 


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa