Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Turing Refreshing, Tujuan Selamat Sampai Di Rumah

billy - Selasa, 12 Juni 2012 | 06:17 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

 Turing untuk refreshing bukan racing
Banyak ‘warisan’ penting dari almarhum Didik Nur Yusuf, senior Honda Tiger Mailing List (HTML) juga Honda Riders on Internet (Hornet). Semasa hidupnya, almarhum kerap jadi leader saat turing dengan brother di dua klub ini.

Paling diingat dan jadi kunci spirit turingnya adalah prinsip safety first di setiap perjalanan. Pesan beliau bahwa tujuan turing bukanlah lokasi yang dituju tapi selamat sampai di rumah. Ini  selalu diingat brothersnya.

Ia juga  bilang, tujuan  turing  adalah refreshing bukannya racing alias balapan di jalanan. Makanya Didik selalu ketat dalam kecepatan aman saat didaulat jadi captain leader dalam formasi turing.

“Walau kadang ada rasa boring karena kecepatannya rendah, gatel ingin bejek gas tapi manfaatnya menuju zero accident sangat terasa,” kata rekan-rekan dekatnya seperti Aldy Baztardos dan Arief Suganda (HTML) juga Ferry, Setyo dan Ozey  (Hornet).

Kata kuncian Didik soal tujuan adalah sampai di rumah dengan selamat tentunya sangat menginspirasi. Dalam lelaku turing ideal, beberapa hal harus dicermati berkaitan dengan kata kunci itu.

Pertama adalah prinsip JND alias Journey Not Destination. Hal ini sempat diutarakan Wariyok Amak, Ketua Umum MACI Pusat yang terkenal jago turing dari Pemudi’s Surabaya.

”Menikmati perjalanan, bersosialisasi dengan sesama peturing dan menerima apapun yang kita alami dengan rasa senang adalah kunci kenikmatan turing,” katanya saat itu.

Di sini  biker bakal terkait dengan pengaturan waktu yang tepat berhubungan antara jarak dan kecepatan. Pengaturan waktu istirahat sebelum dan setelah sampai tujuan agar kita punya energi cukup untuk sampai pulang ke rumah.


 Kecelakaan karena kelalaian kerap terjadi
Banyak kejadian kecelakaan fatal disebabkan karena nggak idealnya individu peturing atau rombongan menyimpan energi ini. Sering terjadi, biker lupa daratan dan kelewat euphoria saat sampai tujuan, berpesta kelewatan di riungan biker hingga drop saat perjalanan pulang.

Agar terhindar dari hal itu, aspek lebih detail juga wajib diseriusi. Pemahaman soal manajemen turing harus di share pada semua anggota. Paling penting peran road captain yang punya kriteria khusus. Dari dipilih bukan karena lebih senior atau paling eksis tapi lebih pada kecakapan riding, tingkat pengendalian emosi di atas rata-rata, paham ilmu safety riding, berwibawa dan pandai membaca situasi plus tingkat intuisi prima.

Dari situ ia mampu mengatur formasi turing secara ideal. Nggak ada salahnya kita nyomot elmu formasi Harley Owners Group sebagai kumpulan motor gede paling tinggi tingkat bahayanya jika riding banyak.

Bagi mereka, jika peserta turing lebih dari 10 motor, akan dipilih 6 biker yang mengatur. Tiga di antaranya sebagai road captain dan sisanya kordinator tim medis, mekanik dan sweeper. Posisi depan adalah road captain, front rider, middle rider dan closer. Kloter awal biasanya terdiri atas biker berjam terbang tinggi, kloter selanjutnya pemula.

Nah jika semuanya dijalankan serius, kemungkinan zero accident pastinya besar. Turing yang dilakoni di musim liburan nanti pastinya fun, refreshing bagi semua brothers.Oh ya, yang terakhir, jangan lupa berdoa pada Tuhan sebagai penjaga keselamatan kita semua.  

Selamat bejek gas! Ups salah, turing, he..he..he… (motorplus-online.com)  

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa