Empati Mobilis Concern Pengendara

billy - Senin, 23 April 2012 | 06:11 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

 Waspada blind spot dan pilar A yang menghalangi pandangan kabin
Walau 80 % kegiatan kita ada di atas motor, sesekali kita pernah naik atau driving di atas roda empat. Hati tetap motoris, kita jadi ngeh gimana idealnya pengemudi concern pada keselamatan biker. Nyomot komentar racer dunia, Jorge Lorenzo saat ngobrol dengan MOTOR Plus, mobil jauh lebih safety ketimbang motor.

”Ya, mereka kan ada di dalam kabin. Separah apa pun benturan masih ada halangan dengan motor dan langsung berhadapan dengan tubuh kita,” khawatir Jorge.

Di jalanan, kami pernah mengalami hal miris berkenaan dengan prilaku mobilis. Contoh kasus jalur Bogor-Sukabumi yang penuh jalan berlubang. Karena jalan lambat, salah satu mobil nggak sabar nyalip mobil di depannya. Dari arah berlawanan, ada motor melaju dan mau nggak mau mengalah  ke pinggir menghindari benturan. Akibatnya fatal, motor terpaksa melindas jalan berlubang dan terjerembab. Ridernya terluka parah tapi mobil yang jadi biang keladi, nggak mau tahu.

Dalam situasi lain mobilis harus lebih waspada dan meninjau situasi jalan di semua spion. Jika ada motor kelewat dekat, silakan menjauh. Jika terlalu dekat dan ngerem mendadak, kecil kemungkinan pengemudi cedera. Lain dengan motor, jika mobil di depan berhenti mendadak, ia bakal ikutan rem. Kalau ridernya kurang pengalaman, nggak melakukan deselerasi berkala, ban bisa ngunci dan terjungkal. Di sini diharapkan empati  mobilis menghindari kejadian itu.

Jangan buka pintu tiba-tiba!
Adanya wilayah blind spot di mobil juga harus diwaspadai. Di spion sudah nggak ada lagi mobil apalagi motor yang lebih kecil. Padahal spion memang sudah nggak bisa menangkap. Waspada kalau area blind spot juga bisa mencelakakan orang lain.

Makin gawat, beberapa jenis mobil didesain memiliki pilar A di kaca depan kanan-kiri. Dirancang untuk memperkuat  frame samping  plus menghidari pembuatan kaca samping lebar hingga kekuatan berkurang.

Di jalan pilar A ini bisa membahayakan. Pilar ini sempat menghebohkan pengguna jalan di Eropa karena menghalangi pandangan samping. Pengamat jalan raya memprotes adanya pilar ini. Sebagai ilustrasi, saat di persimpangan jalan, kedatangan biker dari arah kanan-kiri terhalang pilar ini. Investigasi tabloid Inggris ternama, MCN (Motorcycle News) menegaskan kalau keberadaan pilar itu ilegal dan bisa merengut  nyawa biker. (motorplus-online.com)  

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : billy

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa