Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Posisi Nyaman Berkendara, Lebih Seimbang dan Responsif

billy - Selasa, 17 April 2012 | 14:53 WIB
No caption
No credit
No caption


 Memudahkan manuver
Berkendara yang benar tidak cukup hanya mematuhi rambu lalu lintas. Melainkan juga harus dibarengi dengan teknik berkendara yang benar. Sikap tubuh yang benar saat berkendara sangatlah penting untuk mendapatkan informasi pas mengenali situasi di jalan. Sikap tubuh berkendara yang benar, juga akan memudahkan pengendara melakukan keseimbangan dan merespon situasi yang tiba-tiba berubah juga biar nggak mudah capek.

Pegal-pegal dan rasa lelah yang berlebih bahkan keseleo pun bisa dirasakan pengendara sehingga bisa mengganggu konsentrasi saat berkendara. “Posisi duduk yang tidak tepat ini yang membuat badan sakit dan konsentrasi berkendara turun,” bilang Toni Purnama, instruktur safety riding dari PT Wahana Makmur Sejati, main-dealer Honda Jakarta Tangerang.

Bila konsentrasi sudah terganggu dan tidak cepat mengambil waktu istirahat, sikap tubuh dalam merespon situasi pun menjadi kurang responsif. Akibatnya sangat riskan akan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Posisi yang benar ini meliputi beberapa hal. Pandangan melihat jauh ke depan untuk mendapatkan keadaan di sekitar arah yang hendak dituju.

“Pandangan pengendara mesti fokus terhadap objek yang ditemui. Jadi, penting berkonsentrasi terhadap arah tujuan,” jelas Toni.

Made Surya, instruktur safety riding dari PT Astra Honda Motor (AHM) menambahkan bahwa posisi pegang grip setang dengan santai dan sudut pergelangan tidak kaku. “Agak menyiku untuk memberikan keluwesan dalam melakukan manuver,” kata Made.

Posisi pergelangan tangan yang salah sewaktu memegang grip, juga tidak jarang membuat tangan pengendara keseleo sewaktu menarik rem secara tiba-tiba maupun ketika bermanuver. Hati-hati! Rasa nyeri sesaat atau berkelanjutan pada pergelangan tangan dapat mengganggu keseimbangan saat membawa kendaraan.

Posisi telapak kaki lurus pada injakan atau footstep. Jari kaki tetap menghadap ke depan. Posisi telapak agak horisontal. “Posisi siaga akan memudahkan ketika pengendara melakukan rem mendadak,” ujar Toni.

Tidak kalah penting lagi menempelkan kedua lutut pada tangki untuk motor sport. “Kalau non sport posisi lutut menghadap ke depan. Pada motor sport menjepit tangki juga dapat menjaga keseimbangan,” tegasnya.

Terakhir, duduk pada posisi yang baik agar mudah menggerakan lengan dan kaki. Jangan terlalu di depan, atau belakang, karena justru akan mengganggu keseimbangan. (motorplus-online.com)  

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa