Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Recall Toyota Avanza TTI Edition, Kenapa Ya?

Rabu, 10 September 2014 | 08:17 WIB
Recall Toyota Avanza TTI Edition, Kenapa Ya?
Ipunk
Recall Toyota Avanza TTI Edition, Kenapa Ya?

Recall Toyota Avanza TTI Edition, Kenapa Ya?
Ipunk
Recall Toyota Avanza TTI Edition, Kenapa Ya?

 
Recall tak selamanya berarti buruk. Seperti Tunas Toyota yang melakukan recall All New Toyota Avanza TTI untuk pengecekan garansi sebagai bukti komitmen kepuasan pelanggan

Setahun sudah Toyota Avanza TTI mengaspal di jalan. "Karena sudah setahun, maka kita memanggil semua pemilik Avanza TTI untuk pengecekan garansi. Tidak hanya Toyota, tapi sponsor pendukung yang support TTI," ujar Usman Adie alias Gembleh, Service Operation Manager Tunas Toyota, Pasar Minggu, Jaksel.

Sekadar mengingatkan. Avanza TTI adalah Avanza tipe E berkapasitas 1.300 cc bertransmisi otomatis, yang didandani oleh Tunas Toyota, Pasar Minggu dengan aura balap. Hasil kolaborasi antara Tunas Toyota dengan para sponsor Toyota Team Indonesia (TTI) 2013 lalu. Mulai TMO (Toyota Motor Oil), GT Radial, 3M autoFilm, TOM’s, MBtech dan audio Rodek.

Pengecekan garansi dilakukan di Tunas Toyota Pasar Minggu (15/8) dihadiri perwakilan dari body kit TOM’s, kaca film 3M dan PT Gajah Tunggal selaku pemasok ban.

Bila ditemui kerusakan pada part pendukung akibat kesalahan produksi, maka para sponsor ini akan menggantinya. Seperti apa pengecekannya? Baca terus.


Body kit

 
Pada area body kit, pengecekan dilakukan meliputi kualitas material, sambungan dan pengecatan. Material dengan memperhatikan detail dari body kit, apakah pecah atau rusak yang diakibatkan kesalahan pemasangan dan produksi.

Recall Toyota Avanza TTI Edition, Kenapa Ya?
Ipunk
Recall Toyota Avanza TTI Edition, Kenapa Ya?

Sambungan body kit ke bodi menggunakan dudukan baut orisinal Avanza

Berikutnya pada detail sambungan. "Body kit ditempel ke eksterior dengan dudukan mur dan baut yang disesuaikan dengan dek mobil. Jadi tidak melukai atau bikin dudukan baru. Lalu, sambungan antara body kit dan bodi, menggunakan karet, sehingga tidak merusak mobil," tegas Bayu Aji Saputra, Product Development Manager PT. Vega Mandiri, pemilik merek dagang TOM’s. Apabila karet rusak atau dudukan baut pecah, maka akan diganti.

Selanjutnya pada kualitas cat. Apakah masih sesuai dengan warna bodi atau belang. "Demi kualitas terbaik, kami meminta sample warna orisinal pada Toyota. Karana warnanya sudah kami samakan, makanya kami berani memberikan garansi," tutup Bayu.

Kaca Film

Kaca film 3M memberikan garansi hingga 5 tahun. Di Avanza TTI, menggunakan tipe Crystaline Clear 20% pada kaca depan dan Black Beauty 60% pada kaca samping dan belakang.

Recall Toyota Avanza TTI Edition, Kenapa Ya?
Ipunk
Recall Toyota Avanza TTI Edition, Kenapa Ya?

 
Kaca film diukur daya perlindungannya terhadap UV. Sebelum dan sesudah dipasang, harus sama

Garansi ini meliputi material dan pemasangan. "Paling mudah melihat apakah ada perbedaan antara kaca film yang terpapar matahari dan yang tidak, seperti di ujung kaca samping yang tersembunyi dalam karet," lontar Iwan Wredha Pratama, Advanced Technical Service Engineer PT. 3M Indonesia.  

Bila warna berubah, maka ada kerusakan pada material. Kemudian dari daya perlindungan terhadap UV dengan menggunakan alat. "Kaca film yang benar, sebelum dipasang dan sesudah, perlindungannya harus sama. Bila berkurang, maka akan kami ganti baru," tambah pria jangkung ini.

Kemudian terakhir pada instalasi pemasangan. Dengan melihat apakah ada goresan atau gelembung udara di dalam kaca film.

Ban

Versi standar All New Avanza E menggunakan pelek kaleng 14 inci dengan ban ukuran 185/65R14. Sedangkan pada Avanza TTI, diubah menggunakan pelek Work lingkar 17 inci dipadu ban GT Radial HPY 205/45R17. Ini termasuk ban premium yang mempunyai teknologi low noise.

Recall Toyota Avanza TTI Edition, Kenapa Ya?
Ipunk
Recall Toyota Avanza TTI Edition, Kenapa Ya?

 
Keausan ban diperiksa menggunakna sisir besi khusus

Karena penggantian pelek dan ban, "Maka kami mengukur apakah ban masih menapak dengan sempurna. Kami mengukur kedalaman alurnya. Apakah habisnya rata atau justru termakan sebelah. Kami menggunakan sisir khusus," tegas Ign. Dwi Triono, Dept. Head Technical Service PT. Gajah Tunggal Tbk.

Setelah diperika dengan seksama, "Hasilnya tingkat keausannya rata. Tak hanya ban yang menapak sempurna. Tapi setting suspensi pun sudah benar," tutup pria ramah ini. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa