Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Enam Jurus Skyactiv pada Mesin Mazda2 Baru, Apa Saja ya?

Rabu, 20 Agustus 2014 | 17:07 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Tokachi - All New Mazda2 mengalami ubahan total dibanding generasi sebelumnya. Urusan desain saja sudah lebih keren. Jika dicermati lebih lanjut, mirip dengan kedua kakaknya Mazda6 dan CX-5 yang sudah lebih dulu dipasarkan di Tanah Air. Nah, bukan hanya tampangnya saja yang mirip. Mesin yang dibenamkan ke Mazda2 anyar ini juga mengusung teknologi Skyactiv.


Model yang disiapkan untuk pasar Indonesia dibekali mesin bensin 1.500 cc dengan teknologi  Skyactiv-G. Kelebihan yang ditawarkan dibanding generasi sebelumnya adalah konsumsi bensin lebih irit, emisi CO2 lebih rendah dan torsi bawah menengah lebih besar. Apa saja kunciannya?

Berikut bedanya, ada enam jurus Skyactiv yang dibenamkan, seperti dijelaskan deputy program manager powertrain development division Mazda Motor Corporation, Koichi Shinbata saat mengupas lebih dalam All New Mazda2 yang akan hadir di Indonesia pada kuartal 4 tahun 2014 ini. Jurus pertama, pakai rasio kompresi sangat tinggi, "Untuk Indonesia dengan bensin minimal RON 91 pakai rasio kompresi 13:1," terangnya.

Jurus kedua, pakai exhaust manifold atau saluran gas buang spesial dengan konfigurasi 4-2-1. Ketiga mesin ini dibekali piston cavity. Torak model ini punya desain khusus, tepatnya piston jenong dengan lubang di tengahnya untuk mencegah detonasi.

Lanjut jurus keempat pakai injektor multi-hole yang langsung diarahkan ke ruang bakar. Yap, mesin ini sudah aplikasi sistem direct injection yang butuh injektor khusus semacam itu.

Kelima, dapur pacu All New Mazda2 sudah menerapkan mekanisme katup masuk electric intake sequential valve timing pada kepala silindernya.  Lalu dipadu jurus keenam pada katup buang berupa hydraulic exhaust sequential valve timing dengan pengurangan gesekan. (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa