Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota Bangun Pabrik Mesin Aluminium di Karawang

Selasa, 25 Februari 2014 | 18:01 WIB
Toyota Bangun Pabrik Mesin Aluminium di Karawang
Harryt/istimewa
Toyota Bangun Pabrik Mesin Aluminium di Karawang

Karawang - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) resmi melakukan ground breaking pembangunan pabrik mesin keduanya di Indonesia di kawasan Karawang Jabar Industrial Estate (KJIE) Karawang, Jawa Barat, hari ini (25/2).
 
Hadir dalam peresmian tersebut Menteri Perindustrian RI, M.S. Hidayat, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Mahendra Siregar, Minister of Japan Embassy in Indonesia, Ushio Shigeru, Managing Officer Toyota Motor Corporation dan Presiden Komisaris TMMIN & TAM (Toyota Astra Motor), Hiroyuki Fukui. 
 
Pabrik baru yang dinamai Karawang Engine Plant (KEP) ini akan menjadi basis produksi mesin aluminium untuk mobil penumpang.
 
Pembangunannya menalan investasi Rp 2,3 triliun dan menyerap tenaga kerja lebih dari 600 karyawan baru pada masa awal beroperasinya. Kapasitas produksi mencapai 216.000 per tahun, dicanangkan  mulai beroperasi efektif pada semester I di tahun 2016. 
 
“Pembangunan pabrik baru ini wujud komitmen untuk terus menerus memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui peningkatan aktivitas produksi, pendalaman industri otomotif, ekspor, distribusi dan layanan pelanggan di Indonesia"
 
"Selain itu, nantinya pabrik akan dilengkapi pula fasilitas pendukung lainnya seperti Toyota Learning Center, Masjid baru, tempat olahraga dan Hutan Toyota,” terang Masahiro Nonami, Presiden Direktur TMMIN.
 
Pada bagian lain, Warih Andang Tjahjono selaku Wakil Presiden Direktur TMMIN menambahkan bahwa mesin yang diproduksi memiliki kapasitas 1.300 cc dan 1.500 cc generasi baru. Pembangunan komponen lokal saat ini, lanjutnya, masih 60 persen dan akan ditingkatkan menjadi 80 persen.
 
"Industri penyuplai komponen yang terlibat 50 perusahaan dan diantaranya akan membangun 9 pabrik baru di Indonesia untuk memasok komponen ke TMMIN,” urai Warih Andang Tjahjono, Vice President Director TMMIN.
 
Dibangunnya pabrik mesin ini semakin melengkapi kemampuan produksi Toyota di Indonesia, setelag sebelumnya telah dibangun fasilitas perakitan di Karawang Plant I dan Plant II yang berada di Kawasan Industri Karawang International Industrial City (KIIC). (Mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa