Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Indikator Bensin Berubah-ubah, Ada Maling Bensin?

billy - Selasa, 9 Oktober 2012 | 06:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Ceritanya bermula ketika Rahmat, pembaca setia kaget dengan perubahan indikator bahan bakar Suzuki Ertiga miliknya yang belum lama dipinang. Setelah parkir di carport malam hari, kok tiba-tiba ketika ingin starter pagi harinya, indikator bahan bakar sedikit berkurang. Tak habis fikir, masa iya ada maling hanya mencolong bensin saja? Toh semua barang di kabin masih utuh.

Setelah tanya sana-sini, Rahmat jutru diminta mengecek kondisi carport di rumah dan posisi indikator. Soalnya, berkurangnya indikator bensin biasanya terjadi saat posisi menunjukkan seperempat kapasitas tangki.

Dan, carport di rumahnya ternyata punya kemiringan cukup tajam. Apalagi, Rahmat memarkirkan Ertiga miliknya pada posisi miring dengan bagian kanan mobil lebih tinggi dari sisi kiri.

No caption
No credit
No caption

"Pelampung di tangki bensin bisa saja berubah sedikit ketika mobil diparkir dengan posisi miring. Prinsipnya, permukaan cairan seperti bensin pasti akan selalu rata," jelas Edwin Prihadi, kepala bengkel Tunas Toyota Mampang, Jaksel.

Lagipula, belum tentu di tiap tingkatan indikator selalu berubah. Dan paling terlihat ketika indikator masih menggunakan model analog atau jarum. Amat jarang terjadi pada indikator model digital.

Misalkan saja, Toyota Avanza yang indikator bensin akan sedikit berubah lebih banyak ketika posisi mobil diparkir menanjak. Begitu pun dengan Daihatsu Luxio atau Xenia. Tapi tenang saja, walau indikator berkurang, tapi jumlah bensin dalam tangki sama sekali enggak berkurang kok. Tak usah pula berfikiran negatif ada maling bensin di rumah.


Soalnya, dalam tangki sudah tersedia separator alias pembatas yang berguna untuk meminimalisasi kejadian ini. Tak hanya itu, separator ini juga berfungsi untuk mencegah bahan bakar dalam tangki berguncang terlalu banyak ketika di jalan rusak. Efeknya, bisa saja pompa bensin tidak mendapatkan suplai yang dibutuhkan.

Nah, pada pelampung tersebut terdapat barisan sensor yang masing-masing akan menandakan kapasitas dalam tangki. Makanya, tidak setiap saat miring pun akan mengubah posisi indikator.

“Biasanya, hanya ketika kapasitas bensin dalam tangki sudah mendekati sensor di bawahnya. Jadi, ketika mobil diposisikan miring, takaran indikator akan berubah. Tapi ingat, kapasitas bensin tetap sama,” jelas Anjar Rosjadi, Technical & Warranty Dept. Head PT. Astra Daihatsu Motor.

Jadi, usah khawatir ada maling bensin lagi.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa