Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Trik Pasang Pelek Gede di SUV

billy - Kamis, 4 Oktober 2012 | 17:08 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Tampilan gahar All New KIA Sportage memang menarik untuk dipoles tampilannya. Hal ini yang menggelitik sebagian anggota klub Indonesian Sportage atau lebih dikenal dengan ID-Sportage untuk melakukan ubahan pada SUV generasi ketiga ini.

Khususnya di sektor tampilan kaki-kaki. “Di klub kami sudah banyak yang melakukan penggantian roda dengan dimensi yang lebih besar,” ujar Harry Surjadi, ketua umum ID-Sportage. Menilik ruang roda yang dimiliki, mampu menggoda pemiliknya untuk menjejalkan roda baru berdimensi besar.

“Sebenarnya pasang pelek gede di New Sportage enggak bisa besar-besar juga karena ruang spatbornya kecil,” ujar Candra Hartanto, salah satu member aktif yang pernah beberapa kali mencoba pelek diameter besar.


Dimensi standarnya, Sportage mengusung pelek lingkar 17 ini yang dipadu ukuran ban 225/65-R17 (Gbr.1). Jika ingin ‘naik kelas’, pria ramah ini menyebut dimensi ideal yang direkomendasi dan banyak dipakai adalah pelek 20 inci dengan tebal 8,5 inci.

Paduan ban yang dirasa paling pas dan masih nyaman yakni 255/40-R20 (Gbr.2). “Tapi ruang spatbor jadi kurang penuh,” tuturnya menyinggung aspek estetika. Namun jika ingin tampil lebih ekstrem, Candra menyebut lingkar pelek 22 inci yang jadi favorit boleh dicoba.


Tapi dirinya mengingatkan pemakaian ukuran ban yang pas. “Kalau yang (ruang roda) belakang enggak terlalu masalah, tapi kalau yang depan pakai ukuran ban 265/35-R22 aja sudah mentok,” sarannya.

Roda depan pun jadi tak leluasa jika belok. Solusinya, Ia menyarankan menambahkan spacer di tromol roda depan (Gbr.3). Ukurannya di kisaran 0,8 cm hingga 1 cm. Lalu pemakaian profil ban dengan ketinggian 35 dianggap tidak terlalu tipis dan tidak riskan.

Sementara itu, untuk pemakaian lingkar pelek di atas 24 inci tentunya memerlukan cara khusus dan efeknya akan berimbas terhadap kenyamanan. Maka tak disarankan untuk pemakaian harian.

Nah, dengan pemakaian roda baru berdimensi gambot ini diklaim tidak berpengaruh pada handling maupun penyaluran tenaga ke roda. “Enaknya Sportage, pasang pelek gede enggak perlu ada ubahan khusus di suspensi, bodinya pun tidak akan cingkrang,” tutup Candra.

Berani mencoba?  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa