Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perawatan Mesin Diesel, Agar Kembali Bertenaga

billy - Selasa, 4 September 2012 | 12:10 WIB
No caption
No credit
No caption


Kendati terkenal sebagai mesin yang bandel alias punya daya tahan cukup panjang, perawatan mesin diesel jangan sampai dilupakan. Namanya mesin yang terpakai, apalagi diesel terkenal dengan torsi besar yang jamak dipakai kerja keras. Plus kualitas solar Indonesia yang belum semuanya bagus, alhasil setelah sekian lama pasti butuh sedikit sentuhan perawatan.

Enaknya, sekarang sudah ada nih sistem pembersihan ruang bakar diesel yang efektif dan efisien lansiran Wealthy. Kalau sebelumnya Wealthy Cleaning Tool Set (WICT) sering digunakan untuk mesin bensin, kali ini alat yang sama bisa juga dipakai untuk membersihkan mesin diesel (Gbr.1). Tujuannya, apalagi kalau bukan mengembalikan performa mesin ke kondisi awal.

"Tentu obat yang dipakai berbeda dengan mesin bensin," jelas Dede Pino, distributor Wealthy di Jl. Bangka Raya No. 9C, Jaksel. Hanya saja, mesti diperhatikan kapasitas mesin untuk takaran obat yang harus digunakan. Untuk kapasitas mesin 2.000 cc, kisarannya butuh satu botol obat seharga Rp 350 ribu, dan sekitar 2 botol untuk kapasitas mesin di atasnya.

Sebagai bahan contoh, proyek kali ini dicoba pada Nissan Frontier 2003 yang telah menempuh jarak di atas 100 ribu kilometer. Acap bertugas di kebun, tentu kerja berat sang mesin melebihi mesin sekelasnya. Nah, WICT telah dilengkapi beragam slang dan nosel untuk menyesuaikan berbagai model injektor. Pada mesin Frontier, slang solar dari filter menuju ruang bakar yang di-by pass (Gbr.2).

Karena sistem bahan bakar Frontier terdapat slang balik menuju tangki, slang tersebut tak usah diganggu sebab berguna untuk mengembalikan tekanan berlebih dari pompa solar. Nantinya, WICT tinggal diletakkan di bagian atas mesin sebagai pengganti pompa solar. Jadi, obat pembersihnya juga digunakan sebagai pengganti bahan bakar (Gbr.3).

Nantinya, sistem ini akan bekerja berdasarkan putaran mesin. Jadi, udara dari kompresor digunakan sebagai pengganti tekanan untuk mengalirkan solar ke ruang bakar. "Tentu karena sistem injeksi Frontier masih bertekanan rendah, jadi tekanan alat dibuat tidak terlalu tinggi (Gbr.4)," ujar ayah seorang putri ini. Nah, untuk mengatur besarnya tekanan, dibutuhkan remote khusus yang terintegrasi dengan modul pada bagian atas.

Selanjutnya tinggal tunggu sekitar 30 menit, sampai obat pembersih yang digunakan habis terpakai. Setelah selesai, jangan lupa lepas seluruh slang dan pastikan tidak ada udara yang masuk ke saluran bahan bakar. Selanjutnya, tinggal rasakan performa sang diesel yang kembali bertenaga.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa