Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rawat Jok Kulit, Menjaga Kebersihan Juga Ibadah

billy - Selasa, 28 Agustus 2012 | 11:12 WIB
No caption
No credit
No caption

Bulan puasa memang bulan yang penuh berkah, sampai-sampai tidur pun dihitung ibadah. Tapi, bukan berarti tidur sepanjang hari. Padahal kebanyakan tidur juga dapat menggangu produktivitas lo.

“Daripada tidur, mending bersih-bersih interior sambil ngabuburit, termasuk ibadah juga tuh,” tutur Yudo Parmanto, mahasiswa tingkat akhir jurusan IT yang berkuliah di kampus LP3i.

Saat ini, pengunaan kulit sintetis di jok mobil tak lagi barang aneh lagi. Selain lebih terjangkau dari kulit asli (leather), perawatannya pun juga mudah.

“Cukup dibersihkan secara berkala menggunakan cleaner (pembersih), lebih dianjurkan yang berbahan dasar waterbase,” jelas Dana, Brand Manager jok sintetis labelan MBtech.

Cleaner yang berbahan dasar air dipilih karena tidak menimbulkan efek licin saat diduduki dan tidak merusak kulit jok. Sebelum mulai bersih-bersih, siapkan dulu peralatannya, seperti kain lap bersih, spon, sikat gigi bekas dan cleaner-nya (Gbr. 1).

Langsung aja, semprotkan cleaner ke area jok yang ingin dibersihkan (Gbr. 2). Setelah itu ratakan menggunakan spon dan tunggu 30 detik agar cleaner bekerja. Kemudian, gosok menggunakan spon hingga kotoran terangkat.

Nah, untuk bahan kulit yang bermotif dotted, bisa gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan lebih maksimal ke sela-selanya (Gbr.3). Setelah seluruh langkah dilakukan, sebagai finishing gunakan kain lap bersih untuk membersihkan dan mengeringkan (Gbr.4).

Lantas, bagaimana kalau tidak punya cleaner-nya? “Bisa dilap saja menggunakan lap chamois, namun kalau kotorannya membandel bisa gunakan sabun tapi yang memiliki pH rendah, agar tak merusak kulit,” saran Lili, dari Sentosa Car Wash & Salon yang berlokasi di Lubang Buaya, Jaktim.

Gimana, lebih bermanfaat bersih-bersih kan daripada tidur?


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa