Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Prosedur Meninggalkan Mobil, Pengaman Tambahan Dan Interior

billy - Selasa, 21 Agustus 2012 | 11:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Pengaman Tambahan

Sebelum meninggalkan sendirian di garasi rumah, sebaiknya menambah peranti pelindung dari tangan jahil pemetik mobil. Sebab meski kendaraan baru saat ini sudah dibekali sistem anti-maling, namun tak menutup kemungkinan bakal terhindar dari rasa penasaran para spesialis pembobol mobil.

Paling mudah dengan memasang kunci pengaman setir, yang dapat dibeli di semua sentra aksesori mobil. Pilih yang materialnya dari baja stainless, karena tak gampang dihancurkan pakai palu atau obat keras. "Kalau yang berbahan besi cor, mudah rengat jika terkena cairan obat keras seperti asam," yakin salah seorang penjaja cairan kimia di daerah Jatinegara, Jaktim.

Selain menambah peranti kunci setir, tidak ada salahnya menambah switch engine cut-off untuk meminimalkan kemungkinan mobil dibawa lari oleh maling. "Bisa dibikin tanpa mengubah sistem kelistrikan bawaan mobil, dan posisinya mesti tersembunyi dan tak mudah dijangkau oleh siapa pun," jelas Wira Sentosa, spesialis kelistrikan dan indiglo mobil di Pondok Gede, Bekasi.


Interior

Interior juga perlu tampil resik, misal dasbor dan jok harus bersih, begitu juga door trim dan lainnya yang perlu dibersihkan. Kalau mobil mau dipoles sebelum ditinggal liburan panjang, jangan langsung tutup sarung. Sebaiknya dipoles beberapa hari sebelumnya, karena interior biasanya lembab. Kalau lembab ujung-ujungnya bau. Lebih baik tidak usah sekalian.

Kaca boleh buka dikit, hanya kekurangannya nanti serangga masuk. Kalau mobil ditinggal lama, yang pengaruh di daerah mesin. "Biasanya dikasih kamper, untuk mencegah tikus masuk yang dapat merusak kabel-kabel atau bagian lain," kata Daniel.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa