Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rekondisi Ringan Aksesori Bodi, Bikin Rapet Side Skirt

billy - Jumat, 10 Agustus 2012 | 14:02 WIB
No caption
No credit
No caption


Aksesori standar mobil seperti front-rear bumper spoiler berikut side skirt di kanan-kiri bodi, memang mampu membuat tampilan lebih menarik ketimbang eksterior yang masih polos. Namun perlu diperhatikan, terlebih bagi mereka yang kerap mengemudikan besutannya secara ugal-ugalan, kalau semua panel tambahan tadi riskan mengalami cacat lantaran posisinya berdekatan dengan permukaan jalan.

Seperti pengalaman Bayuaji pada Toyota Vios miliknya. "Waktu itu jalanan gelap banget karena kurangnya lampu penerangan jalan. Saat belok patah di salah satu jalan sempit dekat rumah, sisi bawah sebelah kiri mentok trotoar sampai bodinya terangkat. Akibatnya bagian ujung kiri-belakang dekat sepatbor agak menganga," kenang karyawan yang kos di kawasan Slipi, Jakbar (Gbr.1).

Mengatasinya tak perlu beli panel baru. "Masih bisa direkondisi tapi harus mencopot panel side skirt yang bermasalah dari bodi mobil, supaya kerusakan di dalamnya bisa terlihat semua," saran direktur operasional Sleek Body Repair di Jl. Arteri Bintaro sektor 9, Tangerang.

Untuk bisa mencopot side skit, buka semua klip pengunci di bagian bawah panel yang nempel ke bodi mobil. Lepas semua baut pegangannya di ujung depan dan belakang side skirt. Setelah terlepas dari bodi, pastikan bagian mana saja yang rusak. Pada kasus ini, pegangan kancing belakang side skirt ternyata sudah patah akibat menabrak bibir trotoar cukup keras (Gbr.2).

Merekatkan tulang pegangan kancing yang sudah patah tadi, menurut Richard, bisa andalkan lem sejenis power glue dengan kadar kerekatan sangat kuat. Sebelumnya, bersihkan semua bagian yang akan ditempel tangkai plastik yang sudah patah tadi pakai ampelas halus.

Lantas, lumuri lem secara merata di seluruh bagian yang akan ditempel. Supaya daya rekatnya lebih baik, manfaatkan gabus filter rokok sebagai lapisan pemegang tambahan di pinggirannya (Gbr.3).

Setelah lem pada pegangan kancing yang patah tadi sudah kuat, tambahkan kancing pada slot-nya jika ada yang sudah hilang. Pastikan semua pengancing plastik sudah komplet di posisinya masing-masing, kemudian tekan panel sampai menempel sempurna ke bodi (Gbr.4). Dijamin cara ini bisa bikin rapet side skirt.

 (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa