Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sarung Mobil, Sesuaikan Bahan dengan Penggunaan

billy - Jumat, 3 Agustus 2012 | 15:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Ketika mobil diparkir di dalam garasi ataupun pada areal terbuka memiliki risiko terkena paparan debu, hujan, kotoran binatang hingga tangan jahil yang menggores cat mobil. Oleh karenanya diperlukan sarung mobil atau car cover yang mampu memperkecil segala risiko tersebut.

Sebenarnya banyak hal yang mesti dipertimbangkan dalam memilih sarung mobil. Pertama adalah soal bahan baku yang harus disesuaikan dengan penggunaanya, yakni indoor atau outdoor. Untuk outdoor umumnya menggunakan bahan dari plastik satu lapisan, bisa juga parasut atau polyester yang sering diklaim sebagai bahan waterproof.

“Bahan baku yang bagus umumnya memiliki 4 lapisan. Sehingga mampu mereduksi terpaan air hujan tanpa berdampak pada timbulnya embun yang dapat menyebabkan flek pada permukaan cat mobil,” bilang Imbransyah, founder sarung mobil berlabel Bitelblack.

Embun akibat meresapnya air hujan ketika mobil diparkir di luar ruangan ini kerap ditemui. Jika dibiarkan, maka sisi dalam sarung akan menempel di bodi mobil sehingga menyebabkan bercak atau flek pada permukaan cat.

OUTDOOR

Sarung mobil untuk outdoor dengan tekstur licin belum menjadi jaminan dapat mereduksi rembesan air hujan. Terlebih jika bahan itu berpori-pori terbuka. Maka air akan mudah menyentuh permukaan cat, sehingga menimbulkan bercak noda.


Oleh karenanya sarung mobil untuk outdoor yang representatif dapat dicirikan pada bagian terluar yang dilapisi coating. “Untuk mengetahuinya, siram saja bagian terluar sarung mobil dengan air. Jika air berjatuhan seperti efek di daun talas, maka sarung mobil cukup layak digunakan untuk luar ruang,” rinci Imbransyah, yang buka workshop di Jl. Kelapa Dua Wetan III, No. 60, Ciracas, Jaktim.

Detail dari komposisi pelapis yang disebut 4 layer, terdiri dari lapisan terluar yang menahan terpaan air hujan ataupun teriknya matahari. Lapisan kedua adalah lapisan berpori yang berguna sebagai media bernafas, sehingga ketika terjadi penguapan air, maka embun tidak akan masuk kedalam. Lapisan ketiga, yaitu lapisan pelindung untuk memperkuat komposisi. Terakhir lapisan keempat, yang bertekstur lembut sehingga mengeliminasi resiko mobil lecet akibat gesekan.

INDOOR

Begitupun untuk sarung mobil indoor. Ketika memutuskan untuk tidak menggunakan mobil saat mudik ataupun liburan. Maka sebaiknya pastikan mobil yang ditinggal di garasi rumah selalu terlindung. “Walaupun di dalam garasi, partikel debu, suhu udara hingga binatang peliharaan dapat berpotensi merusak lapisan cat bodi mobil,” ujar Dany, selaku Advisor di Departemen Otomotif Ace Hardwere Mall Puri Indah.

Bahan baku untuk sarung mobil indoor umumnya terbuat dari kain yang memiliki pori-pori. Fungsinya agar sirkulasi udara dapat lancar, sehingga tidak lembab ataupun terlampau kering. “Bahan baku sarung mobil indoor umumnya terbuat dari kain satin velvet. Penting diketahui, sebaiknya pilih sarung mobil yang ngepres atau body fit. Sehingga lebih maksimal melindungi permukaan bodi mobil,” terang Rizka Anggraini, yang juga owner Bitelblack.

CUSTOM

Jika ingin memiliki sarung mobil yang sesuai dengan personifikasi dan tidak pasaran, Bitelblack menyediakan pesanan khusus yang disesuaikan dengan desain pilihan konsumen. “Warna bisa pilih. Selain itu kami juga menerima penggarapan sablon di sarung mobil sesuai keinginan konsumen. Ukuran juga bisa dipesan, khususnya untuk supercar,” beber Rizka, yang memberi 3 bulan garansi untuk jahitan dan 1 bulan garansi untuk sablon garapannya.   (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa