Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Led Scanner Ring, Gak Perlu Diraba Lagi!

billy - Kamis, 23 Agustus 2012 | 17:25 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Bingung mencari lubang anak kunci disaat malam hari lantaran minim cahaya di kabin? Bisa gunakan lampu LED di kunci kontak seperti tren tahun-tahun lalu. Tapi, sudah gak zaman lagi. Karena sekarang ada produk baru bernama LED scanner ring yang lebih keren.

“Fungsinya buat memudahkan memasukkan anak kunci dan tidak perlu diraba lagi saat siang atau malam hari. Jadi, lampu itu tetap menyala dan gak boros aki,” bilang Wira Sentosa, juragan SACS Asia Jaya.

Produk dari Jepang ini punya keunikkan, ketika anak kunci tidak masuk ke lubang kunci gak perlu kesal. Karena lampu akan menyala warna biru. Sedangkan jika kunci kontak sudah masuk dan diposisi On, maka lampu akan berubah menjadi merah.

Selain itu, jika anak kunci kontak diposisi Off dan tertinggal di dalam kabin atau pintu tertutup, lampu itu akan berwarna merah dan ada suara peringatan (tuuuut...). Untuk pemasangannya cukup menyambungkan ke immobilizer dan soket kabel pintu.

Untuk lebih detailnya bisa menyimak cara pemasangan dari pria yang buka workshop di Jl. Pondok Gede Raya, Jaktim ini. Sebagai bahan percobaan, peranti bermerek Fabulous seharga Rp 500 ribu (termasuk pasang) ini diaplikasikan ke Honda Jazz RS 2008. Yuk, kita coba pasang!


Pertama, buka tiga baut cover setir dengan obeng kembang. Setelah itu, keluarkan cover setir dan tempelkan LED scanner ring di pinggiran kunci kontak. “Pemasangannya cukup ditaruh saja dan tidak bakalan lepas. Karena sudah terjepit sama colomb cover steering, pokoknya aman dan gak bakal jatuh ke dalam cover,” jamin Wira, sapaannya.

Sekarang wiring alias penyambungan arus listrik. Dari kabel LED tersebut terdapat 4 kabel (merah, hitam, kuning dan biru). Caranya, buka dulu penutup kotak sekering yang berada di dek bawah kemudi.

Lalu kabel warna merah dari LED disambung ke aki atau soket kunci kontak yang ada dibawah stir. Kabel biru disatukan dengan kabel yang ada di kotak sekering atau soket kabel yang ketiga dari kiri kotak sekering.

Berikutnya, kabel hitam disambung ke soket immobilizer yang ada dibawah kunci kontak alias warna abu-abu. “Penyambungan ke komponen itu tak akan merusak atau mengganggu kinerja immobilizer,” tutupnya.

Tapi, buat pengin lampu tersebut mati di saat kunci kontak On, bisa disambungkan ke ground bodi alias ke baut dari kabel kuning LED tadi. Kalau sudah selesai, silakan dicoba dengan menekan switch pintu dan jangan lupa buat merakit kembali seperti semula.

Keren kan?. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa