Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Upgrade Audio Ford Fiesta, Asal Pasang Keistimewaan Hilang

billy - Kamis, 26 Juli 2012 | 12:08 WIB
No caption
No credit
No caption

Otomotifnet.com - Pemilik Ford Fiesta memang kerap dibikin bingung, terutama jika hendak meng-upgrade sistem audio standar dengan versi aftermarket.
 
Sebab selain desain head unit integrated-nya ini tergolong unik, tingkat kesulitan untuk menambah peranti tambahan juga menjadi kendala utama.

Terlebih lagi, varian lansiran PT Ford Motor Indonesia (FMI) ini sudah dibekali fitur dengan teknologi one step ahead, jika disandingkan dengan varian sekelasnya.

 
Maka konsekuensinya, jika asal pasang komponen secara berlebihan, dikhawatirkan bakal menghilangkan keistimewaan yang dimiliki sistem audio bawaan Fiesta.

VOICE COMMAND

Fitur voice command yang membekali head unit model integrated, merupakan salah satu keistimewaan pada sistem audio standar Fiesta. Menu inilah yang membuat banyak instalatur kurang bernyali untuk melakukan ubahan secara menyeluruh.

Ditambah pula, desain cover head unit dibikin menyatu dasbor dengan kontur yang melandai ke bawah. Kendalanya adalah, panel frame model OEM fit untuk penggunaan bersama monitor double DIN, sampai artikel ini diturunkan juga belum ada yang menyediakan di pasaran.

Alhasil metode upgrade mesti dirancang sedemikian rupa, agar hasilnya tak mengganggu fitur audio standar Fiesta. Menurut Tjun Kiat dari PT Kramat Motor (KM), jika head unit asli diganti pakai versi aftermarket, dikhawatirkan dapat mengganggu sistem elektonik mobil.

"Sebab kelistrikan pada sistem audio Fiesta berhubungan dengan data komputer yang terintegrasi dengan sistem can bus bawaan mobil.

 
Otomatis kalau ada salah satu komponen yang menggunakan arus listrik diutak-atik, termasuk head unit standarnya, kemungkinan besar akan merusak fungsi voice command yang menjadi keunggulan di sistem audio Fiesta," beber product support dari divisi OEM Kramat Motor, selaku penyedia sistem upgrade audio Fiesta ini.

KOMPONEN UPGRADE

Untuk memaksimalkan sistem audio Fiesta, memerlukan penambahan komponen upgrade. Berupa monitor 6,5 inci tipe OEM fit, berikut DVD player sebagai pasangannya. Sebab jika keduanya tidak terpasang, fungsi utama monitor buat nonton film akan percuma.

No caption
No credit
No caption
Tentunya penempatan komponen perlu menyesuaikan dengan desain asli dasbor, supaya tidak mengubah estetika interior Fiesta. Monitor ditaruh di posisi layar display di bagian tengah-atas dasbor, sedangkan panel display standarnya diletakkan di bawah panel kontrol AC sebelah bawah.

Penempatan DVD player bisa diposisikan di bawah laci dasbor sebelah kiri, atau di bawah bangku penumpang depan. "Kalau untuk sistem upgrade versi kami, posisi DVD player disembunyikan di kolong jok depan sebelah kiri. Sebab di situ sudah ada semacam slot, yang bisa dimanfaatkan sebagai rumah atau dudukan buat komponen seukuran head unit single CD," papar instalatur bertubuh langsing ini.

Selain dua komponen driver tadi, adapula penambahan lain buat upgrade sistem audio Fiesta. Seperti kabel-kabel yang cukup banyak menyita ruangan di balik dasbor.

Wiring yang dimaksud mencakup kabel untuk USB yang terpisah dengan kabel iPod, namun letaknya sama-sama disembunyikan di balik laci dasbor. Kemudian kabel untuk menyambung DVD player dengan monitor, kabel mikropon berbasis Bluetooth dengan teknologi A2DP, serta kabel buat kamera mundur.

Fitur tambahan A2DP yang tersedia pada sistem koneksi Bluetooth versi upgrade ini memiliki keandalan dalam menyuplai efek stereo sound. Bisa juga digunakan buat pairing file lagu dari ponsel yang sudah berfitur Bluetooth. Artinya sistem audio versi upgrade ini semakin banyak memiliki keistimewaan.

Begitu pun dengan internal memori pada monitornya, dengan total kapasitas tampung mencapai 3,69 GB. Penggunaannya bisa menyimpan file audio maupun video. Kalau pun bosan dengan lagu atau film yang ada di internal memori, bisa langsung di-delete kemudian meng-copy file baru dari CD/DVD, flash disc maupun SD card.

Pasalnya, monitor OEM Fiesta ini juga dibekali menu buat menyalin file audio maupun video dengan beragam format. Pastinya, pemakai akan lebih terpuaskan dengan menu multimedia yang ditawarkan.

Penasaran dan ingin segera pasang? Dapat langsung menghubungi dealer resmi Ford terdekat di kota Anda. Untuk layanan aftersales-nya, bisa kontak Kramat Motor di nomor 021-4534643. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa