Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

All About Chevrolet Captiva, Perawatan & Problem (Bag.2)

billy - Kamis, 30 Agustus 2012 | 10:03 WIB
All About Chevrolet Captiva, Perawatan & Problem (Bag.2)
Reza
All About Chevrolet Captiva, Perawatan & Problem (Bag.2)

KAKI-KAKI

Kaki-kaki terbilang empuk dan nyaman. Bahkan, kecuali akibat pemakaian, belum pernah terdengar penyakit sokbreker Captiva yang mengalami kerusakan.
 
"Sampai-sampai di Bali pun yang punya karakter jalan kapur belum pernah ada keluhan tentang sokbreker," ulas Puji Utomo lagi.

Sokbreker jarang rusak, biasanya part lain yang terkena imbasnya.
 
"Biasanya, akibat pengendara sering melewati jalan jelek, jadi bushing lower arm yang kena," ujar ayah 2 orang putra ini.
 
Mengatasinya, perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 400 ribu untuk harga bushing.

SISTEM SUSPENSI

Tak ada sistem suspensi yang bisa lekang kalau sudah diajak wara-wiri di Jakarta. Begitu juga dengan sokbreker dan link sokbreker Captiva.
Meski terlihat gagah dan nyaman dikendarai, ada kalanya sokbreker depan dan belakang harus tutup usia dan diganti yang baru.

Untuk urusan ini Faisal merekomendasikan sokbreker orisinal.

Soal harga, sok belakang Captiva bensin maupun diesel dipatok sama, Rp 4 jutaan per buah. Sementara sok depan dijual Rp 1,37 jutaan per buah.

Sementara link sokbreker depan dihargai Rp 250 ribuan dan link sok belakang Rp 200 ribuan. Bila perlu insulator spring alias karet penahan per keong ikut diganti seharga Rp 36 ribu per buah.

AUDIO

Sistem audio bawaan Captiva tergolong standar, karena belum dibekali sarana multimedia seperti TV monitor, yang kini sudah banyak diaplikasi pada mobil baru.

Meski sudah bisa memutar audio dengan format MP3 maupun WMA (Windows Media Audio), kelengkapan buat memutar keping DVD masih perlu ditambah.
 
Solusinya bisa dengan mengganti head unit standar di kluster tengah dasbor, dengan monitor head unit 2 DIN. Bisa pula memanfaatkan slot laci yang terdapat di bawah panel MID, dengan head unit single CD.

Menurut Ahong, instalatur Prisma Autosound, pemakaian kedua driver utama (monitor 2-DIN & head unit single DIN) secara bersamaan buat upgrade sistem audio Captiva tak akan bikin masalah.
 
"Malah justru akan saling melengkapi. Unsur entertainment ditunjang sama monitor pengganti head unit standarnya, sementara kualitas sound system bisa terdongkrak pakai head unit single DIN berkarakter SQ," paparnya. (mobil.otomotifnet.com)

 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa