Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kunci T, Menjangkau Area Sempit

billy - Selasa, 26 Juni 2012 | 13:03 WIB
No caption
No credit
No caption

 
JAKARTA - Kunci T atau dikenal juga dengan shock T handle, merupakan perkakas yang memudahkan dalam membongkar baut. Nah namun banyak kesalahan persepsi terkait jenis kunci T. “Kunci T untuk keperluan teknis pada mobil berbeda dengan yang digunakan untuk sepeda motor. Kunci T untuk mobil, penampang atau joinnya dapat diputar dan ujungnya bisa disambung agar lebih panjang. Sehingga memudahkan untuk menjangkau area yang sempit,” terang Yuta Obed Panjaitan, Service Manager Auto 2000 Permata Hijau, Jakarta.

Aspek ergonomi inilah yang membuat kunci T dipilih sebagai hand tools yang melengkapi perkakas standar di jaringan bengkel resmi. Namun penggunannya terbilang penting, mengingat pada beberapa bagian membutuhkan kunci T. “Kunci T digunakan untuk membuka dan mengendurkan baut dengan arah vertikal dan sempit. Misalnya baut bodi ataupun baut di daerah alternator,” sambung Obed yang berkantor di Jl. Kebayoran Lama Raya, No. 28, Jakbar.

Oleh karenanya kunci T menjadi salah satu special tools pada mayoritas bengkel resmi dari sejumlah pabrikan mobil. “Di bengkel resmi Astrido Daihatsu, kunci T termasuk special tools. Penggunaannya efektif untuk membuka baut di ruang yang sempit, tentu disesuaikan dengan fungsinya juga,” papar Subhan, Service Manager Astrido Daihatsu di Jl. Raya Perjuangan, No. 22, Kebon Jeruk, Jakbar.

Penggunaan kunci T juga dapat menekan risiko baut slek, sebab konfigurasinya lebih mampu meng-cover seluruh kepala baut. “Ukuran kunci sok T dimulai dari 8 mm, 9 mm, 10 mm, 11 mm, 12 mm, 13 mm, 14 mm, 17 mm dan 19 mm. Range harganya Rp 35.000 hingga Rp 60.000,” sebut Adi, owner toko Adijaya Teknik di Lindeteves Trade Center, GF1, Blok C 31, No.9, Jakpus.

Perlu diketahui pula soal material lapisan finishing dari kunci T yang juga dapat menentukan kualitas. “Terdapat 5 jenis lapisan finishing yakni chrome plated, satin finish, nickel satin finish, polish finish with black side dan black finish. Untuk kualitas paling unggul adalah chrome plated dan satin finish, tentu harganya juga lebih mahal,” kata Adi merinci.

Kunci T untuk Motor
Penggunaan kunci T konvensional lebih dominan untuk keperluan ngebengkel sepeda motor. Alhasil perkakas yang umumnya memiliki finishing berwarna hitam ini mutlak tersedia pada bengkel motor. “Keberadaan kunci T penting banget. Terlebih untuk kunci T8 dan T10. Misalnya untuk mengendurkan dan mengencangkan baut bodi, cover CVT dan lain sebagainya,” ujar Boim, kepala bengkel Yamaha Abadi Motor Kebon Jeruk. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa