Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Spion Retractabel All New Toyota Avanza

billy - Senin, 25 Juni 2012 | 08:02 WIB
Pasang Spion Retractabel All New Toyota Avanza
Pasang Spion Retractabel All New Toyota Avanza

 JAKARTA - Seperti fitur yang dimiliki Toyota Grand New Fortuner atau Grand New Kijang Innova, sekarang dipasaran sudah tersedia motor retractable yang bisa ke dua spion All New Toyota Avanza (ANA) dan All New Daihatsu Xenia (ANEX).

Namun dengan syarat spion harus sudah bersistem electric mirror seperti pada ANEX tipe M dan R atau pada ANA seluruh tipe (E, G dan Veloz).

Kali OTOMOTIF mendapatkan perangkat ini labelan SHM yang didistribusikan oleh toko  Auto Omega di kawasan Stasiun Senen Raya, Jakpus. Dijual lengkap dengan switch buka-tutup dan modul auto retract yang bisa diaktifkan melalui remote alarm (Gbr. 1).

Untuk pemasangannya memang agak ribet karena harus membuka doortrim. “Orang yang terbiasa pasang alarm pasti tidak sulit untuk pasangnya, karena dari pihak distributor mengajarkan untuk cara bongkar pasang spion dan kelistrikan pada perangkat alarm,” jelas Arifin, dari teknisi Auto Omega.

Pasang Spion Retractabel All New Toyota Avanza
Pasang Spion Retractabel All New Toyota Avanza
Untuk pemasangan, Arifin memberikan trik pasangnya. Langkah pertama, lepaskan door trim pintu depan guna bisa melepaskan tiang spion dari dudukannya dengan kunci 10 mm. Lalu lepas kabel elektric mirror dari soketnya (Gbr. 2).

Tahap kedua, pemasangan cukup di bawah saja dengan menekuk kaca spion ke dalam lalu congkel dengan jari tangan secara berhati-hati (Gbr.2). Setelah kaca terlepas buka cover spion dari dudukannya sehingga terlihat motor electric mirror yang terpasang pada rumah cover.

Setelah itu, buka tiga baut dudukan motor dengan obeng plus (Gbr. 3). Lepaskan juga tiga baut rangka yang tertanam di dudukan spion dengan obeng plus. Sekarang giliran pasang motor retract pada dudukan yang sudah ada dan selipkan dua kabel ke tiang spion.

Setelah rangkaian motor rectrac  berikut elektric mirror-nya terpasang, tutup kembali cover spionnya. Kini giliran menyambung kembali kabel ke switch yang sudah disediakan, dengan penempatannya sesuai yang ada di atas switch elektric mirror di bawah dasbor.

Untuk yang mau melengkapi dengan  modul auto retract cukup men-jumper dua kabel ke modul alarm yang berfungsi untuk jika remote alarm aktif (On).

Jika tombol remote (alarm) diaktifkan (On), maka spion akan melipat, dan bila kunci kontak diposisikan ke On, spion akan terbuka secara otomatis (Gbr. 4).

Motor retract yang baru hanya tersedia digerai Auto Omega seharga Rp1,2 juta (sepasang) ini dijual tanpa modul auto retract alias difungsikan manual.

Namun bagi yang ingin lengkap dengan modul auto retract-nya tinggal menambah Rp 300 ribu (sepasang). “Kita kasih garansi ketersediaan spare part,” tegas Soen Sugiharto, pemilk gerai Auto Omega. (mobil.otomotifnet.com)

Auto Omega 021-4200333 / 4208333

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa