Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perawatan Interior Mobil, Bagasi Bukan Tempat Sampah

billy - Jumat, 4 Mei 2012 | 11:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
JAKARTA - Bagasi yang dimiliki mobil jenis sedan atau hatchback memang mempunyai tempat tersendiri. Berbeda dengan mobil berjenis MPV atau SUV yang gabung menjadi satu dengan kabin.

Lokasi yang tersendiri atau terpisah ini lah yang kebersihannya suka luput dari pantauan sang pemilik. Alhasil banyak kotoran atau sampah yang menumpuk terutama di tempat tertutup seperti area ban serep (Gbr. 1).

Lain halnya seperti yang dilakukan oleh Uswatun Hasanah, mahasiswi jurusan Perumahsakitan Universitas Indonesia ini. “Biasanya tiap mencuci mobil sekalian dibersihin bagasinya, jadi gak perlu repot-repot lagi,” ungkap cewek berjilbab ini.

Nah, bagaimana cara membersihkan bagasi, sebenarnya enggak terlalu susah. Cuma butuh waktu sekitar setengah jam. “Paling mudahnya sih kotoran yang kecil dibersihkan menggunakan vacuum cleaner, tapi kalau sudah membandel bisa juga pakai produk perawatan all purpose cleaner,” tambah Zack, dari Ravanza Car Wash & Salon di bilangan Cipayung, Jaktim.

Caranya? Kalau cuma berupa noda yang belum membandel cukup dilap dengan lap chamois sampai bersih. Langkah ini berlaku untuk karpet berbahan kulit sintetis.


Lalu, bagaimana alas bagasi berbahan jenis beludru? Menurut Zack, membersihkannya juga bisa di-vacuum cleaner (Gbr.2). Dengan catatan hanya kotoran kecil, soalnya kalau kotoran yang berukuran cukup besar harus dilepas dan dicuci dengan sabun.

Kemudian mari kita lihat area sekitar ban serep. Biasanya bagian ini yang paling luput dari penglihatan. Sebab letaknya ada di bawah dan tertutup oleh karpet bagasi.

Untuk membersihkannya butuh usaha ekstra. Jika kotorannya sudah membandel, tuangkan sedikit cairan all purpose cleaner di spon, lalu gosok sampai berbusa dan bersih (Gbr.3).

Jika sudah bersih, langkah finishing bersihkan kembali dengan lap chamois. “Sebaiknya membersihkan bagasi khususnya seputar area ban serep dilakukan secara rutin, agar tak menimbulkan karat,” himbau pria ramah ini.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa