Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Dampak Pemasangan Peredam Lembaran Kantung Udara Picu Korosi

billy - Rabu, 2 Mei 2012 | 07:11 WIB
No caption
No credit
No caption

 JAKARTA - Kalau ada yang menyangka setelah memasang peredam suara model lembaran, tak perlu lagi melakukan perawatan di sektor bodi, jelas salah dan anggapan itu sebenarnya membodohkan.

Pasalnya, panel bodi sebelah dalam yang umumnya ditempel dengan peredam suara model lembaran ini, perlu dicek kondisinya agar selalu sehat dan terhindar dari korosi (Gbr.1).

Memang untuk mengecek permukaan pelat bodi sebelah dalam tadi cukup sulit, untuk itu perlu bantuan instalatur car audio yang paham soal ini. "Tujuannya untuk mengetahui apakah terdapat kantung udara (rongga) di balik peredam yang sudah tertempel rapat itu," kata Eddi Soesanto, instalatur Cartens Autosound.


Kantung udara bisa saja muncul sewaktu-waktu, mengingat pemilik umumnya tidak mengamati secara detil, saat pemasangan peredam lembaran di kabin mobilnya.

Menurut Eddi, pemicu munculnya kantung udara atau rongga di balik peredam lembaran tadi, lantaran ketika peredam lembaran pertama kali direkatkan, kondisi permukaan pelat masih terdapat sisa kotoran atau bercak minyak yang terlewat dibersihkan. Atau sisi perekat dari peredam lembaran sudah kelamaan terbuka dari pembungkusnya, yang memungkinkan kotoran mudah nempel di permukaan peredam (Gbr.2).

Lantaran mobil juga kerap terguyur hujan atau sering dicuci steam, memungkinkan air yang masuk ke celah pintu bisa menyusup ke rongga tadi melalui pori-pori peredam.

Akibatnya, air yang terperangkap di kantung udara yang tertutup peredam lembaran ini, kelamaan akan menimbulkan korosi di permukaan pelat pintu sebelah dalam (Gbr.3).

Jika sudah kedapatan korosi yang bakal menimbulkan karat dan keropos di permukaan pelat, sebaiknya bagian yang sudah terinfeksi korosi tadi langsung dikerok dan didempul ulang agar tak menjalar ke bagian lain.

Bagi yang belum memasang dan berniat menambah peredam suara di mobilnya, pastikan permukaan pelat terutama bagian dalam pintu serta lantai, sudah bersih seluruhnya dari kotoran maupun bekas minyak.

Selain itu, proses penempelan peredam mesti dibantu heat gun dan gagang penekan, supaya membuat daya rekat peredam semakin kuat (Gbr.4). (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa