Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Menghitung Konsumsi BBM, Lihat Jenis Transmisi

billy - Rabu, 25 April 2012 | 10:05 WIB
No caption
No credit
No caption

 
JAKARTA - Masih di seputaran spesifikasi brosur, perbedaan jenis transmisi yang digunakan juga pasti bikin perbedaan signifikan. "Transmisi otomatis memerlukan tenaga lebih besar untuk mendapatkan kecepatan yang sama dibanding versi manual," jelas Andreas, pemilik bengkel Phoenix-R di daerah Serpong, Tangerang.

Buktinya, tinggal intip lagi data test drive OTOMOTIF pada All New Toyota Avanza Veloz yang mengandalkan mesin 1.500 cc (31/XXI dan 34/XXI). Hanya berbeda transmisi, toh nyatanya A/T mengharuskan konsumsi BBM Veloz berbeda di kisaran 1 km/liter. Tak hanya dari cara menyetir, pastinya perbandingan gigi juga membuat perbedaan konsumsi.

"Jangankan beda transmisi, perbedaan merek ban yang dipakai, dengan ukuran sama juga bikin hasil konsumsi berlainan," ungkap Taqwa kali ini.

Ia yang mengaku pernah membandingkan 4 merek ban dengan tipikal mengemudi yang sama, mencatat antar merek membuat perbedaan di kisaran 0,3 km/liter sampai 0,6 km/liter. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa